GAYA HIDUP

Minggu, 19 Juni 2011 | 11:09 WIB

Ini Dia Aktivitas Pengganti Olahraga

Dahlia Krisnamurti
Ini Dia Aktivitas Pengganti Olahraga
IST

INILAH.COM, Jakarta - Olahraga memang dianggap bagi sebagian orang sebagai aktivitas melelahkan. Karenanya, tidak jarang orang malas melakukannya.

Pada kenyataannya olahraga adalah aktivitas yang sangat diperlukan tubuh untuk melakukan pembakaran kalori sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga. Nah, bagi yang malas berolahraga, sebaiknya, Anda mempertimbangkan beberapa aktivitas berikut sebagai pengganti olah raga.

Pergi ke mal

Wanita mana yang tidak menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan? Anda tidak harus berbelanja, cukup lakukan window shopping.

Masukilah toko demi toko di setiap lantai, tidak terasa Anda sudah berjalan selama satu jam dan belum kelelahan. Dan pilih naik eskalator daripada lift untuk pembakaran kalori lebih banyak. Berjalan adalah olahraga yang baik dan membuat Anda tetap aktif.

Rutin berhubungan seks

Berdasarkan riset yang dilakukan seorang ahli kesehatan dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, Dr Michael Crigliano diketahui bahwa seks adalah salah satu jenis olahraga.

"Seks tiap hari dapat turut memelihara kesehatan. Perubahan fisik yang terjadi dalam tubuh sewaktu melakukan hubungan intim setara dengan gerakan olahraga normal," ungkap Dr Michael.

"Tubuh memerlukan gerak karena memiliki tingkat penyesuaian yang tinggi. Setiap bagian tubuh apabila tidak digunakan akan melemah dan pada akhirnya tidak berfungsi. Itulah sebabnya kita memerlukan olahraga untuk menggerakkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik," imbuh Michael.

Piknik

Menyiapkan perbekalan, tenda, taplak meja dan segala keperluan piknik lainnya secara tidak sadar sudah membuat Anda berolahraga. Belum lagi jika Anda menyetir mobil sendiri. Mengemudikan setir, menginjak kopling, rem, gas dan memindahkan gigi, membuat tubuh bergerak lebih intensif.

Mungkin kegiatan piknik agak sulit dilakukan orang-orang yang tinggal di kota besar. Namun, Anda tetap bisa piknik di taman atau tempat wisata yang dekat dengan kota Anda pada akhir minggu. Bawalah sedikit perbekalan dan vitamin yang mungkin Anda lupakan saat Anda stres bekerja.

Bermain dengan Anak-anak

Sempatkan bermain dengan anak. Ajak anak bermain di taman, melempar bola, renang, lomba lari, dan tanyakan juga apa yang anak ingin lakukan. Selain mereka merasa senang, tubuh juga akan berolahraga dengan sendirinya. [mor]

BERITA TERKAIT
Kain Hijab Ini Diklaim Halal dan Antibakteri Lho!
Lima Langkah Konkret Dongkrak Devisa Pariwisata
(Tingkatkan Pariwisata) Angela Tanoesoedibjo Kembangkan Potensi Digital
Tren Warna Fesyen Tas 2020
Tren Fesyen Tas 2020
Rumah Bisa Menjadi Terapi Relaksasi
Intip Tren Warna Terbaik di 2020

kembali ke atas