EKONOMI

Minggu, 19 Juni 2011 | 16:40 WIB

Penyerapan Anggaran Kerap Terganjal Proyek Dadakan

mosi retnani fajarwati
Penyerapan Anggaran Kerap Terganjal Proyek Dadakan
Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo IST

INILAH.COM, Jakarta - Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo mengungkapkan, lambatnya realisasi penyerapan belanja Kementerian/ Lembaga (K/L) diakibatkan munculnya proyek-proyek baru di luar rencana.

Herry menjelaskan, setiap anggaran yang digunakan untuk belanja merupakan anggaran yang sebelumnya telah masuk dalam kegiatan-kegiatan APBN. Dan bila belum ada dalam APBN, maka sudah seharusnya tidak dapat dilaksanakan.

"Rata-rata begini, yang diminta itu ada kegiatan-kegiatan baru yang belum teralokasi anggarannya itu, kalau belum tersedia anggarannya itu mereka belum boleh melaksanakan," ungkap Herry di kantornya, akhir pekan ini.

"Jadi dengan dana yang tersedia itu sudah terikat dengan kegiatan yang mereka harus laksanakan," tambahnya.

Di sisi lain, lanjutnya, K/L juga harus menuruti instruksi yang dikeluarkan langsung oleh presiden yang terkadang instruksi tersebut belum masuk dalam kegiatan yang tercantum dalam APBN. Sehingga tidak sedikit K/L yang harus mengubah anggarannya.

"Yang terakhir kan mau ada ASEAN Fair. Dengan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN itu, nah itu ternyata anggarannya sama KL belum, karena instruksi Presiden itu kan harus ada beberapa partisipasi dengan beberapa KL, atau KL itu menjadi chairman dari penyelengaraan itu. Jadi kebanyakan seperti itu," tandasnya. [hid]

#kemenkeu #penyerapan anggaran #apbn2011 #Herry Purno
BERITA TERKAIT
Bank Mandiri Perkuat KUR Daerah Wisata Prioritas
Menteri BUMN Diminta Awasi Kinerja Amarta Karya
KESDM Masih Hitung Penerima Subsidi LPG 3 Kilogram
Puluhan Pembangkit PLN Akan Dikonversi ke Gas
PLN Tambah Pasokan Listrik dari Pembangkit EBT
Luhut Ingin 'Perampok' Jiwasraya Dimiskinkan
Bank BJB Kembali Serahkan Bantuan Kemanusiaan

kembali ke atas