TEKNOLOGI

Senin, 20 Juni 2011 | 13:40 WIB

AS Akan Terus Gunakan PLTN

Nilam P.
AS Akan Terus Gunakan PLTN
IST

INILAH.COM, Amerika Serikat - Amerika Serikat tidak akan menutup PLTN. Penutupan satu PLTN akan meningkatkan emisi karbon dunia.

Menurut sebuah studi yang dilakukan Universitas Carnegie Mellon, jika Amerika Serikat menutup satu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di negaranya, maka jumlah emisi karbon dan polusi dunia akan meningkat dalam jumlah besar.

Menurut peneliti, dengan menutup satu PLTN, maka pemerintah perlu menggunakan sumber energi baru pengganti nuklir.

Studi yang dirilis akhir minggu lalu ini menyebutkan, energi nuklir memang dapat diganti dengan sumber energi terbarukan, tapi ini akan butuh usaha dan biaya besar.

Studi ini juga melaporkan, jika pemerintah membatalkan separuh rencana pendirian PLTN, maka emisi karbon dunia akan meningkat 30%.

Sebelumnya, Jerman dan Switzerland menghentikan proyek pengembangan PLTN di negaranya. Di Italia, proyek PLTN juga dihentikan akibat tekanan protes warganya.

Namun Amerika Serikat tidak berencana menutup 104 PLTN di negaranya, karena pembangkit listrik itu selama ini telah menyediakan cadangan energi listrik sebanyak 20% ke seluruh bagian negara. [mor]

#nuklir #pltn #as
BERITA TERKAIT
Google Akuisisi Fitbit, UE Khawatir Keamanan Data
Hingga Q3 2019, Telkomsel Operasikan 14.990 BTS
Galaxy S11 Punya Kamera Periskop Bernama 'Hubble'?
Apple Card Dituduh Berlakukan Diskriminasi Gender
Skor Kamera Mi CC9 Pro Samai Huawei Mate 30 Pro
Samsung Galaxy S11 Bakal Hadir dalam Tiga Ukuran?
Remaja Ini Meninggal Setelah Main Game Semalaman

kembali ke atas