GAYA HIDUP

Selasa, 21 Juni 2011 | 03:45 WIB

Menikmati Keindahan Pesona 'Kota Karapan Sapi'

Dahlia krisnamurti
Menikmati Keindahan Pesona 'Kota Karapan Sapi'
IST

INILAH.COM,Jakarta - Setelah menempuh perjalanan selama 116 hari, akhirnya rombongan tim Indonesia Exploride tiba di Pulau Madura untuk menyusuri keindahan sejarah budaya dan wisata kulinernya.

Lantas, Bagaimana petualangan bikers Wulung Damardoto dan sahabatnya, Aditya Birawa, di Pulau Garam ini?

Kota yang terkenal dengan tradisi Karapan Sapi ini sesungguhnya memiliki potensi wisata yang indah untuk dinikmati. Tujuan pertama yang dikunjungi tim Indonesia Exploride 2011 yakni pertunjukan Karapan Sapi di kota Bangkalan.

Butuh waktu sekitar 90 menit untuk mencapai kota Bangkalan dari Bandara internasional Juanda Surabaya, termasuk melewati jembatan Suramadu dengan menggunakan motor gede kebanggaannya.

Setelah melihat pertunjukan Karapan Sapi dan perut terasa lapar, tim Indonesia Exploride memutuskan mengunjungi depot soto madura yang cukup terkenal di Pasar Senanan Bangkalan untuk menikmati semangkuk soto dengan campuran daging, ati, dan babat.

Selama berada di sana, Tim Indonesia Exploride terus melakukan perjalanan menyusuri sejarah pesona kain batik nusantara khas Madura dan menikmati lezatan sate khas Madura Rampak Naong Bangkalan dengan bumbu kacang dan kecap.

Ungki, pangilan akrab Wulung Damardoto ini menambahkan, tercetusnya ide petualangan ini merupakan bentuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya dan sejarah Indonesia berupa makanan khas, seni tari, wisata, bangunan bersejarah di suatu kota.

Saya optimistis Indonesia Exploride 2011 yang didukung oleh Djarum apresiasi budaya ini akan mampu membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal, mencintai, dan bangga terhadap bangsanya sendiri karena sedemikian kayanya negeri ini, ungkap Ungki.

Perjalanan Indonesia Exploride 2011 masih akan terus berlanjut ke kota-kota lainnya di Indonesia.

"Saat ini kami baru menempuh waktu empat bulan dan masih ada banyak kota yang akan kami singgahi dari total 184 hari yang menjadi estimasi," pungkas Ungki. [mor]

#indonesiaexploride #madura
BERITA TERKAIT
Platform Kesehatan Berbasis AI Ini Membantu Pasien
Jastip Permudah Belanja Fashion Eropa Hingga Korea
Menikmati Shabu Hachi di Kawasan Museum
Ini Unggulan Program Wisata Kesehatan
(Perjalanan Wisata Kesehatan) Ini Bentuk Kolaborasi Kemenparekraf dan Kemenkes
Animo Belanja Kosmetik di Indonesia Tak Terbendung
Ketahui Gejala Neuropati Diabetes

kembali ke atas