TEKNOLOGI

Sabtu, 25 Juni 2011 | 01:43 WIB

Ditemukan Suku Tak Terjamah di Amazon

Billy A. Banggawan
Ditemukan Suku Tak Terjamah di Amazon
holykaw.alltop.com

INILAH.COM, Rio De Janeiro Pemerintah Brasil memastikan keberadaan suku baru tak terjamah di hutan hujan Amazon. Diperkirakan ada 68 populasi terisolasi di sana.

Sebanyak tiga pembukaan lahan besar teridentifikasi satelit. Namun seperti pernyataan National Indian Foundation (Funai), keberadaan populasi itu baru benar-benar terverifikasi setelah pesawat ekspedisi yang terbang April lalu berhasil mengumpulkan data.

Badan pemerintah itu menggunakan pesawat guna menghindari agar tidak menganggu kelompok terisolasi itu. Brasil memiliki kebijakan untuk tidak mengontak suku semacam ini. Gantinya, pemerintah akan berupaya mencegah invasi daerah itu guna melindunginya.

Funai memperkirakan ada 68 populasi terisolasi hidup di Amazon. Suku terbaru yang berhasil diidentifikasi diperkirakan berjumlah 200 individu dan hidup dalam empat gubuk jerami besar dan hidup dari menanam jagung, pisang, kacang dan panen lain.

Mengidentifikasi dan melindungi suku ini merupakan bagian kebijakan umum Brasil. Untuk memastikan suku semacam ini butuh bertahun-tahun penelitian, ujar koordinator ekspedisi Fabricio Amorim.

Sejauh ini, 11% dari wilayah Brasil dan 22% wilayah Brasil diketahui menjadi tempat hunian bagi suku-suku tak terjamah. [mor]

#suku #amazon #tak terjamah #brasil
BERITA TERKAIT
Amazon Rambah Bisnis Penjualan Tiket Film
(Terios 7 Wonders) Menikmati Indahnya Alam Pulau Padamarang
(Ciptakan Pengalaman 'Nonton Bioskop') Polytron Luncurkan Dua LED TV Baru 55 Inci
Cloud Lintasarta Jadi Terbaik di Asia Pasific
(Jelajahi Indonesia) Toyota Aplikasikan Semangat Genchi Genbutsu
(Balapan ITCR Max dan JSTC) Pembalap Toyota Sapu Bersih Podium Tertinggi
Gaet Softbank, JavaMifi Fokus Pikat Turis Jepang

kembali ke atas