OLAHRAGA

Sabtu, 25 Juni 2011 | 20:20 WIB
(South East Asia Basketball Association (SEABA))

Bekuk Malaysia, Indonesia Bersua Filipina di Final

Arie Nugroho
Bekuk Malaysia, Indonesia Bersua Filipina di Final
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Tim basket Indonesia akhirnya menyusul langkah Filipina ke babak final South East Asia Basketball Association (SEABA) setelah mengandaskan perlawanan Malaysia.

Penampilan tim basket Garuda hari ini merupakan anti klimaks dari pertandingan sebelumnya saat menghadapi tim Filipina. Saat itu, Indonesia tampil kurang lepas dan banyak melakukan turnover. Filipina pun menang dengan skor telak 94-54.

Menghadapi Malaysia dengan disaksikan sekitar lebih dari 500 pendukung setianya yang memadati Britama Arena Sportsmall, Sabtu (25/6/2011) petang WIB, Indonesia tampil kurang menggigit di kuarter pertama.

Kerjasama antar lini kurang terjalin dengan baik dan akurasi tembakan masih jauh dari kata memuaskan. Sepanjang kuarter pertama, hanya sepuluh poin yang mampu Indonesia hasilkan.

Akan tetapi, penampilan tim basket Garuda perlahan namun pasti mulai menunjukkan grafik menanjak di kuarter kedua. Para pemain terlihat sudah tidak lagi ragu-ragu dalam menerobos ke jantung pertahanan Malaysia ataupun melepaskan tembakan jarak jauh.

Melalui tembakan tiga angka yang masing-masing dilesakkan oleh Andi Batam, Xaverius Prawiro, dan Amin Prihantono, Indonesia menutup pertandingan kuarter kedua dengan memiliki keunggulan 33-27.

Amin Prihantono tampil mengesankan bagi Indonesia di kuarter ini dengan mencetak enam poin, lima rebound, dan tiga assists.

Setelah tampil kurang baik di awal kuarter ketiga, Indonesia bangkit di pertengahan babak dan mulai kembali bisa mendominasi pertandingan melalui tembakan dua angka Batam, disusul dengan tembakn tiga angka Amin, Indonesia menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 53-43.

Hal itu tentu saja membuat para pendukung setia tim basket Indonesia bergembira. Mereka pun tanpa henti menyanyikan lagu Garuda di Dadaku sebagai wujud dukungan mereka untuk tim Indonesia.

Kurater keempat akhirnya ditutup dengan kemenangan Indonesia atas Malaysia dengan skor 77-47. Christian Ronald Sitepu berhasil mencatatkan diri sebagai pemain terbaik di pertandingan ini dengan mencetak 15 poin, delapan rebound, dan dua assist. Sedangkan di kubu Malaysia, Chee Li Wei menjadi yang terdepan dengan 13 poin, empat blok dan assist, serta tujuh rebound.

Indonesia akan kembali menghadapi sang juara bertahan Filipina di partai final besok yang akan digelar pada pukul 18.00 WIB.

#malaysia #indonesia #filipina
BERITA TERKAIT
(Insiden Pengeroyokan Suporter Indonesia di Malaysia) Menpora Malaysia Minta Maaf Secara Resmi
(SEA Games) Indonesia Finis Keempat di SEA Games 2019
(SEA Games) Jiu-Jitsu Sumbang Medali Emas ke-71
Herry IP Tak Puas dengan Performa Fajar/Rian
(SEA Games) Emas ke-70 Indonesia dari Lari Gawang Putri
(SEA Games) Setelah 14 Tahun, Greysia Polii Akhirnya Raih Emas
(SEA Games) Greysia/Apriyani Rebut Medali Emas SEA Games 2019

kembali ke atas