TEKNOLOGI

Rabu, 29 Juni 2011 | 13:01 WIB

Bakteri Mulut Bisa Merusak Jantung!

Nilam P.
Bakteri Mulut Bisa Merusak Jantung!
IST

INILAH.COM, Jakarta - Bakteri dalam mulut dapat masuk aliran darah. Jika ia masuk ke jantung bisa mengakibatkan radang katup jantung dan kematian.

Bakteri Streptococcus mutans penyebab lubang gigi dapat masuk ke jaringan organ jantung, menyebabkan endokarditis yang berbahaya dan mematikan. Seperti dilaporkan di jurnal Infection and Immunity, ada sebuah protein yang memungkinkan bakteri yang biasa menepel di plak gigi itu, beredar sampai jantung.

Bakteri penghasil asam ini biasanya hanya ada di mulut. Tapi pada prosedur pengeboran atau pembersihan plak, bakteri itu bisa masuk ke aliran darah. Sistem imun tubuh memang dapat membunuh bakteri, tapi pada beberapa kasus, ia bisa masuk jantung dan membentuk koloni di katup jantung.

Bagaimana itu bisa terjadi? Jacqueline Abranches, Ph.D., profesor asisten penelitian mikrobiologi dan imunologi Universitas Rochester menyelidiki prosesnya. Ia menemukan bahwa penyebabnya adalah protein pengikat kolagen bernama CNM.

Para dokter perlu lebih berhati-hati. Mereka harus mencegah agar bakteri S. mutans ini tidak menyebar bersama CNM. Dokter juga perlu meriksa kesehatan dan tingkat kerentanan jantung pasiennya.

Di klinik gigi, pasien berrisiko penyakit jantung harus diperiksa terlebih dahulu, apakah mereka punya protein CNM atau tidak. Kalau iya, dokter gigi harus melakukan tindakan khusus, misalnya dengan memberi antibiotik lebih, ujar Abranches.

#gigi #bakteri #jantung #lubang #katup
BERITA TERKAIT
Dokter Jantung Gugat Fitur EKG di Apple Watch
BMW Donasikan Rp341 Juta untuk Korban Banjir
Toyota Target Produksi 10,9 Juta Kendaraan di 2020
Huawei Jual 240 Juta Smartphone Sepanjang 2019
(Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020) Honda Ikut Ramaikan Ajang bagi Generasi Millenial
Alphabet Inc Tembus Valuasi US$1 Triliun
Spotify Punya Daftar Lagu untuk Anjing Peliharaan

kembali ke atas