NASIONAL

Rabu, 29 Juni 2011 | 19:55 WIB

PPP Tidak Takut Jika PT Naik Menjadi 5 Persen

PPP Tidak Takut Jika PT Naik Menjadi 5 Persen
Partai Persatuan Pembangunan inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Meski tetap merasa parliamentary threshold (PT) 2,5 persen adalah yang ideal, namun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak takut jika ambang batas keterwakilan partai di parlemen naik menjadi 5 persen.

Kami tak kuatir kalau PT sebesar 5 persen tapi idealnya adalah 2,5 persen, ujar Wakil Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu.

Romahurmuziy menjelaskan kalau pun PT ditetapkan menjadi 5 persen, maka PPP masih akan mempunyai cukup banyak kursi di DPR, jika mengacu pada hasil Pemilu tahun 2009 yang lalu.

Pemilu 2009 dengan angka 2,5 persen, jumlah kursi yang dihasilkan adalah 14 persen. Kalau 5 persen, artinya jumlah kursinya adalah 28 kursi. Berdasarkan hasil pemilu 2009, PPP memiliki 38 kursi, artinya masih ada sisa kursi 10. Jadi kami tak takut kalau PT sebesar 5 persen pada pemilu 2014 mendatang, jelas Romi.

Terkait draf RUU Pemilu yang saat ini masih terjadi dua opsi tentang angka PT yakni 3 persen dan 2,5 hingga 5 persen, Romi mengatakan, sebelum opsi tersebut dibawa ke Rapat Paripurna, Sekretariat Gabungan harus memutuskan angka 2,5-5 persen.

"Ya, harus diputuskan di Setgab angka tersebut sehingga tak perlu voting. Sebaiknya angka 3 persen menjadi pilihan bagi Setgab," ucapnya.[ant]

#ppp #parlementary threshold
BERITA TERKAIT
PPP Siap Islah Kultural dan Struktural
Nyabu, Ibu Rumah Tangga Ini Dibekuk di Sidoardjo
(Diduga Langgar Kode Etik) Propam Polri Pemeriksaan Kapolres Kampar
Asyik Mandi, 1 Warga Tertimpa Pohon Besar
Kasus Sukmawati Sulit Dilanjut, Ini Alasannya
Polri Jelaskan Larangan Anggota Pamer Kemewahan
Pelaku Pencurian Uang Nasabah Bank Ditembak

kembali ke atas