PASAR MODAL

Jumat, 01 Juli 2011 | 18:09 WIB

PTBA Rampungkan Pembelian Saham BATR

Tio Sukanto
PTBA Rampungkan Pembelian Saham BATR
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta PT Bukit Asam PTBA (Persero) berencana menyeleasaikan penambahan kepemilikan saham atas PT Bukit Asam Transpacific Railway (BATR) paling lambat November 2011.

Adapun penambahan kepemilikan saham tersebut adalah dari 10% menjadi 30%. Paling lambat November 2011, tukas Direktur Utama PTBA, Sukrisno di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Jumat (1/6).

Sukrisno menjelaskan, penambahan kepemilikan saham dilakukan melalui pembelian saham yang sebelumnya dimiliki oleh Rajawali Corporation sebesar 20%. Sementara atas kepemilikan 20% saham yang baru ini, pihaknya memperkirakan akan menghabiskan dana sekitar US$320 juta.

Jadi 70% dana tersebut akan diusahakan dari pinjaman Bank, sementara sisanya dari kas internal perusahaan. Untuk (saham) 20% itu, 30% equity, 70% pinjaman dari Bank, ujar dia. Dengan penambahan kepemilikan ini, maka komposisi kepemilikan saham nantinya adalah 30% (PTBA), 10% (CREC), dan 60% (Rajawali).

BATR merupakan perusahaan konsorsium antara PTBA, China Railway Engineering Corporation (CREC) dan Rajawali Corp. Pembentukannya sendiri terkait dengan proyek pembangunan rel kereta api sepanjang 300 km untuk menghubungkan tambang perusahaan yang berada di Bangko Tengah, Sumatera Selatan ke terminal batubara Tarahan di Lampung.

Atas kepemilikan saham ini, masing-masing perusahaan memiliki porsi 10% untuk PTBA, 10% untuk CREC, dan 80% untuk Rajawali Corp. [hid]

#ptba #batubara #pt bukit asam #BATR #laba bersih #divi
BERITA TERKAIT
Inilah Penopang Penguatan Bursa Saham Asia
IHSG Masih Bisa Naik 0,1% ke 6.193,79
PT Adhi Karya Raih Kontrak Rp9,1 T di November
Investor Ingin 15 Desember Tanpa Kejutan Negatif
IHSG Sesi I Berakhir Naik 0,1% ke 6.193,31
Ekspor China Turun di Bulan November 2019
Bursa Saham Asia Naik Respon Data Ekspor China

kembali ke atas