METROPOLITAN

Jumat, 01 Juli 2011 | 21:30 WIB

Jakarta Bakal Tiru Singapura Mentah-mentah

Bayu Hermawan
Jakarta Bakal Tiru Singapura Mentah-mentah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengatakan Jakarta tidak mempunyai konsep mandiri dalam mengatasi kemacetan sehingga akan mengadopsi sistem dari Singapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/7/2011). Menurutnya sistem mengatasi kemacetan yang diadopsi dari Singapura di antaranya perencanaan pembatasan dengan stiker, Electronic Road Pricing (ERP), hingga pembatasan kendaraan.

"Keberhasilan Singapura dalam menerapkan sistem tersebut menjadi alasan Pemprov DKI Jakarta meniru kebijakan tersebut," ucapnya.

Prijanto menjelaskan ada tiga pola transportasi makro untuk mengatasi kemacetan yakni dengan penambahan angkutan massal, pembangunan infrastruktur jalan dan manajemen lalu lintas. Manajemen lalu lintas melalui sejumlah kebijakan yang paling masuk akal dilakukan dalam waktu dekat. Kita tidak usah ribut-ribut, jiplak saja kebijakan dari Singapura.

Di antara solusi yang kini dikaji oleh Pemprov DKI Jakarta, pembatasan kendaraan dengan cara nomor kendaraan ganjil genap, pembatasan berdasarkan warna kendaraan, dan ERP diperkirakan bisa berjalan bersama. "Sangat mungkin berbarengan, karena penduduk di Jakarta orang kaya semua yang mampu membayar apapun, termasuk jika tarif ERP mahal," jelasnya. [tjs]

#macet #kemacetan #foke #prijanto #erp
BERITA TERKAIT
Berikut Fasilitas Hunian DP 0 Rupiah Fase ke II
Anies Ingin Syarat Daftar Rumah DP Nol Dipermudah
Kasus Korupsi Workshop Mengendap 6 Tahun di Depok
Tersangka Kasus Korupsi IMB di Depok Buron
75 Guru Paud Jaktim Ikuti Edukasi Gizi & Pola Asuh
Anies Ground Breaking Hunian DP 0 Rupiah
Hari Ini Jakarta Hujan Siang Hingga Malam

kembali ke atas