TEKNOLOGI

Senin, 04 Juli 2011 | 18:37 WIB

Ilmuwan Jepang Temukan Material Langka iPad

Nilam P.
Ilmuwan Jepang Temukan Material Langka iPad
IST

INILAH.COM, Jepang - Mineral penting untuk pembuatan produk iPad, sudah langka. Ilmuwan Jepang temukan cadangan baru.

"Cadangan mineral logam itu saat sudah langka. Sekarang hanya tersedia satu kilometer persegi saja untuk memenuhi seperlima kebutuhan dunia dalam setahun," ujar Yasuhiro Kato, profesor Ilmu Bumi Universitas Tokyo.

Materi mineral yang dimaksud adalah logam tantalum dan yttrium. Kedua logam itu sudah langka sekarang. Namun penelitian terbaru Kato, yang dipublikasikan di Nature Geoscience menyatakan ia menemukan cadangan mineral ini, tapi terdapat di 3.500 hingga 6.000 meter di bawah permukaan laut, dan hanya ada di 78 lokasi, antara lain Hawaii dan Tahiti.

Sebelumnya, China adalah negara yang paling banyak punya persediaan mineral logam ini. Mereka menyuplai sekitar 97% kebutuhan dunia. Tapi Desember lalu China mengumumkan bahwa mereka sudah memangkas jumlah ekspor material ini. Risikonya, harga iPad dan barang elektronik lain yang sejenis akan semakin mahal.

Tantalum dan yttrium vital untuk membuat berbagai barang elektronik teknologi tinggi, seperti smartphone, tablet, TV layar datar, magnet, dan baterai. [mor]

#mineral #logam #ipad #jepang #smartphone #langka #Tanta
BERITA TERKAIT
Pasar Smartphone Mulai Bergairah
Replika Godzilla Ukuran Asli Siap Hadir di Jepang
ADVAN NASA, Smartphone yang Fokus untuk Medsos
Adobe Resmi Rilis Photoshop Khusus iPad
Kerja Sama, UC-Huawei Berdayakan Ekosistem Digital
Lewat Yaris, Toyota Dukung Gelaran DWP 2019
Roadshow Epson Kalimantan Berakhir di Tarakan

kembali ke atas