TEKNOLOGI

Jumat, 15 Juli 2011 | 17:05 WIB

Inilah Cikal Bakal 'Suara' Pada Boneka

Billy A. Banggawan
Inilah Cikal Bakal 'Suara' Pada Boneka
upi.com

INILAH.COM, Newark Peneliti Amerika Serikat (AS) berhasil membuka rekaman buatan Thomas Edison. Rekaman yang menjadi cikal bakal suara boneka ini direkam 123 tahun lalu.

Cakram fonograf besi ini merupakan prototip awal suara yang digunakan dalam boneka. Menggunakan teknologi modern, ilmuwan mengekstrak suara dalam cincin besi kecil dan bengkok itu guna mendapat apa yang diyakini sebagai suara untuk boneka bicara.

Edison membuat banyak rekaman dan menimbunnya agar siap dipasang pada boneka-bonekanya, ujar kurator Jerry Fabris di Thomas Edison National Historical Park di West Orange, Amerika Serikat (AS), seperti ditulis UPI.

Suara wanita dari rekaman ini merupakan artis rekaman pertama, lanjutnya. Suara wanita ini membacakan Twinkle, Twinkle Little Star. Para pegawai National Park Service menemukan cakram ini berada di kondisi rusak berat di meja sekretaris Edison pada 1967.

Butuh 45 tahun agar teknologi maju di titik audio bisa diselamatkan tanpa merusak cakram. Pada 2009, ilmuwan di Lawrence Berkeley National Laboratory di California mengembangkan teknologi optik 3D untuk memindai audio dan mengubahnya menjadi data digital audio tanpa menyentuh atau merusak rekaman. [mor]

#suara #thomas edison #boneka
BERITA TERKAIT
(Ditawarkan Seharga Rp5.699.000) Vivo Resmi Buka Pre-Order V15 Pro di JD.ID
Redmi 7 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp1,5 Juta
(Siap Digelar di Jakarta pada 20-24 Maret 2019) DOSS Vaganza, Pameran Fotografi Terbesar 2019
Perumpamaan Smartphone Lipat di Dekade 1990-an
Layanan 'Airbnb' untuk Peselancar dan Pemain Ski
Ini Dia Sang 'Bayi Google'
Cara Menggambar Bangunan Berilusi Visual 3D

ke atas