EKONOMI

Minggu, 17 Juli 2011 | 16:56 WIB

Gagal, Austria Protes Hasil 'Stress Test' Bank

Wahid Ma'ruf
Gagal, Austria Protes Hasil 'Stress Test' Bank
flickr.com

INILAH.COM, London - Hasil street test 91 bank di Eropa mendapat protes dari peserta tes. EBA dinilai tidak mencermati keuangan mereka.

Hasil tes yang dimumkan European Banking Authority's (EBA) pada Jumat malam menyatakan 8 bank tidak lulus yaitu 2 bank dari Yunani, lima bank dari Spanyol dan satu bank dari Austria. Namun semua bank yang ada di Belanda, Inggris, Prancis, Italia, Jerman dan Portugal dinyatakan lulus tes.

Volksbank dari Austria yang gagal tes meneluarkan pernyataan tentang hal ini. EBA dinilai tidak melihat ke rekening yang sudah digunakan untuk menaikkan modal. Bank ini telah berupaya keras termasuk menjual asetnya yaitu Sberbank.

"Stress test EBA tidak memeriksa rekening sebagai faktor utama. Dalam hal ini, stress test tidak mengungungkan bagi kami," tegas CEO Volksbank, Gerald Wenzel yang dikutip dari yahoofinance.com.

Sementara dua bank dari Jerman seperti Nordbank dan NordLB, satu bank dari Slovenia, dua bank dari Yunani dan dua bank dari Portugis serta satu bank dari Siprus mendekati kegagalan. EBA menyatakan 16 bank telah tier satu modal antara 5-6 persen.

Bank Sentral Italia mengatakan lima bank telah meraih keuntungan besar. Demikian juga tiga bank Irlandia telah dinyatakan lulus. "Pasar setuju atau tidak dengan hasil tes ini itu sebuah pertanyaan,"kata ekonom di Ecconomist Intelligence Unit, Jason Karaian.

Sedangkan Bank Sentral Spanyol mentagakan dengan hasil tes ini maka negara tidak perlu melakukan rekapitalisasi. Karena sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

#uni eropa #eba #stress test #European Banking Author
BERITA TERKAIT
Jelang Liburan, KAI Expo 2019 Tawarkan Promo Tiket
Vimala Hills dari APL Ikon Hunian Kawasan Puncak
(Lomba Gambar) BKP Kementan Gugah Pelajar Cintai Pangan Lokal
Mentan SYL Ajak Masyarakat Cintai Pangan Lokal
Optimalkan Lahan, Mentan Sarankan Intercropping
Pernyataan Ari Tak Akan Mundur dari Dirut Beredar
DPR Desak Jiwasraya Bayar Kewajiban ke Nasabah

kembali ke atas