PASAR MODAL

Rabu, 20 Juli 2011 | 18:39 WIB

'Gang of Six' Sukses Gairahkan Pasar

Ahmad Munjin
'Gang of Six' Sukses Gairahkan Pasar
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta Rupiah menguat tajam setelah IHSG diselimuti euforia rekor tertinggi baru. Presiden AS Barack Obama yang menyetujui proposal pemangkasan defisit dari Gang of Six menjadi katalisnya.

Periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures Zulfirman Basir mengatakan, penguatan rupiah hari ini dipicu oleh pasar yang cukup optimistis kalau krisis utang AS dan Eropa mungkin dapat terselesaikan. Pasalnya, dinihari ini tadi, Presiden AS Barack Obama menyatakan kesetujuannya atas proposal yang disampaikan Gang of Six.

Gang of Six adalah grup bipartisan yang terdiri dari enam orang senator. Partai Demokrat dan Republik masing-masing mengutus tiga orang untuk menjadi anggota grup. Pasar melihat, ini menjadi indikasi akan tercapainya kenaikan batas atas utang AS dari level US$14,29 triliun.

"Karena itu, rupiah ditutup di level terkuatnya 8.530 dan 8.545 sebagai level terlemahnya, katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Rabu (20/7). Kurs rupiah $ di pasar spot valas antar bank Jakarta, Rabu (20/7) ditutup menguat 15 poin (0,17%) ke level 8.530/8.540 per dolar AS dari posisi kemarin 8.545/8.555.

Rancangan program pemangkasan defisit anggaran AS yang diajukan Gang of Six adalah pengurangan langsung beban utang US$4 triliun. Defisit tahunan akan dipangkas antara US$3,7 triliun hingga US$4,7 triliun dalam 10 tahun mendatang. Pada 2021, rasio utang pemerintah diharapkan menyusut sampai 70% dari Gross Domestic Product (GDP) senilai US$14,66 triliun.

Lalu, reformasi pajak. Langkah ini meliputi pengurangan golongan bebas pajak, reformasi pajak dan pemangkasan jumlah wajib pajak progresif, dari 6 menjadi 3. Sementara itu, penghematan anggaran dalam jangka pendek, Gang of Six berniat mengurangi beban utang sampai US$500 miliar dalam 10 tahun. "Namun hal tersebut baru bisa berjalan baik jika plafon utang juga dinaikkan," ujar Firman.

Dari sisi reformasi birokrasi, lanjutnya, anggaran diusulkan ada perubahan prosedur dan aturan pengeluaran yang lebih tegas. Tujuannya adalah supaya para pejabat tetap bertindak sesuai tekad bersama untuk mengurangi utang. Dengan demikian, semua pihak diharapkan lebih disiplin menerapkan efisiensi. "Terakhir adalah reformasi jaminan sosial (jika program pemangkasan utang disepakati)," ungkap Firman.

Sementara itu, Firman menambahkan, dari Eropa Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan, pertemuan para petinggi Uni Eropa Kamis (21/7) di Brussel akan menghasilkan keputusan yang memberikan solusi komprehensif atas penyelesaian krisis utang Yunani. "Dua faktor itulah (AS dan Eropa) yang membuat pasar optimistis," ujarnya.

Selain itu, Merkel malam ini juga akan bertemu dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy sebagai persiapan meeting besok. "Dari domestik, penguatan rupiah juga didukung oleh euforia rally IHSG yang kembali cetak rekor baru ke angka 4.050,632," tuturnya.

Alhasil, dolar AS melemah terhadap mayoritas mata uang utama termasuk terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa). "Terhadap euro, dolar AS melemah ke level US$1,4206 dari sebelumnya US$1,4155 per euro," imbuhnya.

Dari bursa saham analis Sekuritas Ekokapital Cece Ridwanullah mengatakan, penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) sebesar 27,22 poin (0,68%) ke level 4.050,632 salah satunya dipicu oleh positifnya laporan keuangan kuartal II/2011 di AS yang rata-rata mencatatkan laba bersih signifikan. Di sisi lain, pasar memiliki harapan baru tercapainya kesepakatan kenaikan batas atas utang AS antara pemerintah Obama dengan Kongres AS.

Optimisme itu muncul, lanjut Cece, setelah Obama menyatakan persetujuannya atas proposal Gang of Six. Akibatnya, Wall Street mengalami penguatan di atas 1-2%. Begitu juga dengan bursa Eropa dan Asia. Pada akhirnya IHSG pun terimbas positif, imbuhnya. [mdr]

#rupiah #gank of six #valas #krisis as #ihsg
BERITA TERKAIT
Sesi I, IHSG Turun 0,3% ke 6.160,542
Energi AS, Dulu Kekurangan Sekarang Melimpah
Harga Minyak Berjangka Berakhir Terbatas
Inilah Pemicu Harga Emas Berjangka Jatuh
Ini Tuduhan Terbaru Trump tentang Kecurangan China
Bursa Saham AS Kurang Yakin Pernyataan Trump
China Bisa Segera Luncurkan Uang Digital

kembali ke atas