EKONOMI

Sabtu, 30 Juli 2011 | 12:17 WIB

Inilah Beberapa Langkah Fed Jika AS Default

Charles MS
Inilah Beberapa Langkah Fed Jika AS Default
forexwebs.net

INILAH.COM, Jakarta - Federal Reserve akan mengimbangi kerusakan jika plafon utang tidak jadi dinaikkan pada 2 Agustus.

Presiden dua daerah Fed mengatakan kepada CNBC Jumat (29/7) waktu setempat. Fed mungkin memiliki preferensi untuk membantu perekonomian setelah utang AS default. "Kegagalan untuk menaikkan plafon utang akan memiliki konsekuensi tak terduga bagi ekonomi AS," ujar Presiden Fed St Louis James Bullard. "Jika ada default, itu adalah tugas kita untuk menjalankan kebijakan moneter yang mempengaruhi kondisi ekonomi," tambah Presiden Fed Atlanta, Dennis Lockhart dalam wawancara yang sama. "Saya tidak akan mengambil kebijakan apapun untuk merespon ekonomi yang benar-benar memburuk ini. Tapi jangan memikirkan beberapa pilihan, termasuk satu putaran pelonggaran kuantitatif. Saya tidak akan mengeluarkan aturan itu, tapi bar yang sangat tinggi," kata Lockhart. "Kami memiliki kebijakan (moneter) yang sangat saat ini... Sekarang kita harus menunggu dan melihat."

Meskipun data ekonomi Jumat melemah, kedua Presiden Fed tersebut percaya ekonomi akan menjadi lebih kuat pada semester kedua tahun ini, dengan inflasi rendah. "Itu semua menegaskan apa yang sudah kita ketahui, yaitu bahwa putaran pertama belum sekuat seperti yang kita inginkan. Saya pikir kita dalam bentuk yang lebih baik bagi pertumbuhan yang lebih baik pada semester kedua tahun ini," kata Bullard.

Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa dengan defisit sebesar $ 14 triliun dan tenggat waktu kesepakatan debt ceiling semakin dekat, Fed belum bisa melakukan apapun untuk memperbaikinya.

"Jika Departemen Keuangan tidak dapat menerbitkan lebih banyak utang, itu berarti tidak dapat mengeluarkan lebih banyak utang," katanya. "Kami tidak bisa membeli obligasi secara langsung dari Departemen Keuangan. Kita hanya dapat membeli utang di pasar terbuka. Jika kebuntuan menyebabkan krisis secara umum, kita akan muncul dan memberikan likuiditas ke pasar seperti yang kita lakukan di tahun 2008 dan 2009. Tapi The Fed tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki situasi ini. Itu tergantung kepada Kongres dan Presiden," kata Bullard.

#utang AS #Fed
BERITA TERKAIT
Mendes Akan Tinjau Ulang Keberadaan BUMDes
Sambangi Sawit Jatim, Gapki Simak Curhat Petani
Jokowi Minta Hentikan Riset yang Tumpang Tindih
Sengkarut Garuda, Rizal Pernah Lapor ke Jokowi
Jokowi Minta Mendag & Menlu Kejar Perjajian Dagang
Pertamina Buka 62 Outlet Bright Gas Subang-Bekasi
Inilah Target Komisi VII DPR Revisi UU Minerba

kembali ke atas