EKONOMI

Selasa, 02 Agustus 2011 | 18:56 WIB

Mendag Harapkan Sesama Daerah Cukupi Pasokan Rotan

Tio Sukanto
Mendag Harapkan Sesama Daerah Cukupi Pasokan Rotan
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah berharap kelebihan suplai rotan di daerah lain dapat untuk memenuhi kebutuhan daerah yang masih kekurangan untuk industri mebel dalam negeri.

Bukan membatasi ya, tapi kita memberikan kuota kepada daerah yang memang memproduksi rotan dan untuk rotan yang tidak digunakan di dalam negeri agar mensuplai pada keperluan dalam negeri, tukas Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu usai pres konferensi di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (2/8).

Pemerintah belum akan mencabut larangan impor rotan. Meskipun banyak pengrajin mebel yang kesulitan mendapatkan pasokan bahan baku tersebut.

Persoalan tersebut saat ini sudah berada pada tingkat inter kementerian dan juga inter stakeholder. Interstakeholder tersebut antara lain pengusaha rotan dan petani rotan.

Ini semua sudah kita pertimbangkan. Jadi pada intinya, kita belum ambil keputusan dan kalaupun kita ambil keputusan, keputusan itu pasti kebijakan yang berimbang antara stakeholder, beber dia.

Yang jelas saat ini sudah ada bukti bahwa daya serap rotan sudah dirasakan oleh industri mebel domestik kita, tambah dia. [hid]

#mendag #rotan #impor rotan #pengrajin mebel #Mari Pan
BERITA TERKAIT
Banjir, PLN Padamkan 15 Gardu Distribusi di DKI
Semua Desa di Aceh Sudah Tersambung Listrik
Jalan Bawah Tanah Bandara Yogyakarta Diuji Coba
Salah-Gunakan Visa Bisnis, Usir Jurnalis Mongabay
Jokowi Buka Runway III Bandara Soetta Karya PTPP
Di Davos, Luhut Kampanye Sawit RI Berkelanjutan
Apindo Optimis Omnibus Law Kerek Ekonomi Jokowi

kembali ke atas