METROPOLITAN

Rabu, 10 Agustus 2011 | 16:46 WIB

Yah, Kopaja AC Bakal Naikkan Tarif

Wahyu Praditya Purnomo
Yah, Kopaja AC Bakal Naikkan Tarif
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Meski baru tiga hari beroperasi, angkutan umum dalam kota, PT Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja), berencana menaikan tarif Kopaja AC S.13, Jurusan Ragunan-Grogol. Meski demikian, rencana kenaikan tarif baru akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam waktu dekat ini.

Ketua I PT Kopaja, Nanang Basuki mengatakan, dalam dua hari kedepan pihaknya akan melayangkan surat permohonan kenaikan tarif ke Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Tarif yang akan diajukan berkisar Rp7.000. "Tapi nanti akan kita bicarakan lagi berapa besarannya," kata Nanang, Rabu (10/8/2011).

Dana yang diajukan, menurutnya, untuk menutup kebutuhan perawatan kendaraan, serta kualitas pelayanan. Menurutnya, untuk tarif sebesar Rp2.000, dirasa kurang untuk menutupi biaya operasional. "Dengan tarif Rp2.000, untuk menutupi Kopaja yang reguler saja tidak mencukupi," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pehubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menjelaskan jika ada pengajuan kenaikan tarif maka akan dibahas dengan tim Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Untuk kenaikan tarif harus memperhatikan dua hal, yakni perawatan yang dilakukan oleh pihak operator dan daya beli masyarakat.

Dijelaskan Pristono, permohonan kenaikan tarif akan dibicarakan bersama dengan DTKJ, Biro Perekonomian DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Nantinya setelah mendapatkan surat permohonan akan diteliti dan dipelajari, berapa besaran tarif yang akan ditetapkan. Tapi kenaikan tarif sebesar Rp7.000, terlalu mahal," kata dia.

Kapasitas penumpang Kopaja AC dibatasi hanya untuk 27 orang dalam keadaan duduk dan 8 orang berdiri. Untuk jam operasionalnya direncanakan mulai pukul 04.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Rute yang akan dilewati kopaja ini adalah Ragunan - TB Simatupang - Lebak Bulus - Arteri Pondok Indah - Gandaria - Velbak - Pakubuwono - CSW - Ratu Plaza - Senayan - Slipi dan Grogol. [mvi]

#kopaja #ac #tarif
BERITA TERKAIT
BPRD Tagih Pajak ke Rumah Para Penunggak
(Operasi Zebra Jaya) Polisi Amankan 800 Kendaraan Bermasalah Pajak
BPN Kota Depok Tertibkan Warga Berdalih Verponding
Anies Temui Pembalab Formula E Asal Belgia
Banyak Nama Cawagub, Anies: Harus Bisa Kerja Sama
Prakiraan Cuaca Ibu Kota Hari Ini
Lagi, Prostitusi Berkedok Karaoke Ditutup Anies

kembali ke atas