EKONOMI

Kamis, 11 Agustus 2011 | 17:51 WIB
(Mudik Lebaran 2011)

Pertamina: Konsumsi Premium Capai 98 Ribu Kl

Tio Sukanto
Pertamina: Konsumsi Premium Capai 98 Ribu Kl
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH,COM. Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak akan mencapai 98 ribu kilo liter per hari pada saat arus mudik lebaran.

Demikian disampaikan Vice President Coorporate Pertamina, M Harun pada acara diskusi panel kesiapan transportasi dan pasokan pangan jelang idul fitri 1432 hijriah di gedung Antara Jakarta, Kamis (11/8).

"Angka ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah mudik di Indonesia. Padahal 2010 hanya 89 ribu kilo liter," ungkap Harun.

Harun menjelaskan, meski premium terjadi tren peningkatan yang sangat signifikan angka konsumsinya, namun tidak demikian dengan solar. Menurutnya, konsumi solar disaat bulan puasa dan menjelang lebaran cenderung turun penggunaannya.

Hal itu dikarenakan sebagian industri sudah tidak melakukan lagi kegiatan disamping juga penggunaan truk pengakut barang.

Harun menambahkan, untuk mengatasi pasokan BBM disaat arus mudik pihak Pertamina memberlakukan stok dengan posisi terbalik. Jadi yang biasa distok dari Jakarta akan dialihkan dari Semarang, begitu juga sebaliknya. Hal itu dilakukan demi menjaga keamanan pasokan BBM selama arus mudik.

"Ini memang diluar kebiasan, tapi ini kita lakukan demi kemanan pasokan," katanya. [hid]

#pertamina #tppi #bbm pso #pln #gas #M Harun #lebaran
BERITA TERKAIT
Pertamina Buka 62 Outlet Bright Gas Subang-Bekasi
Sinergi Pertamina-BUMN Karya Menuju Mandiri Energi
Kembangkan EBT, PLN Resmikan Tiga PLTS di Alor-NTT
Langkah PLN Dukung PON XX di Papua
Duo Bos Pertamina Menghadap Jokowi, Membahas Ini
PLN Serahkan Bantuan Penghijauan di Kalbar
Arya Sebut Rudiantara Dirut PLN, Darmo Wadirutnya

kembali ke atas