METROPOLITAN

Kamis, 11 Agustus 2011 | 21:03 WIB

Selesaikan Nontol, Jl Satrio Akan Kembali Ditutup

Wahyu Praditya Purnomo
Selesaikan Nontol, Jl Satrio Akan Kembali Ditutup
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Untuk memperlancar pengerjaan Jalan Layang Nontol (JLNT) Tanahabang-Kampungmelayu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta kembali akan menutup akses Jalan Satrio menuju Jalan Rasuna Said dalam waktu dekat ini. Diperkirakan penutupan jalan akan berlangsung selama tiga bulan.

Rencananya, penutupan jalan tersebut akan berbarengan pembukaan sisi selatan yang saat ini masih ditutup. "Untuk itu kita sedang kerjakan jalan tembus (Jalan Denpasar Utara), sekarang sudah dibeton sepanjang 300 meter," kata Kepala DPU DKI Jakarta, Ery Basworo di Jalan Jati Baru, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2011).

Dia menambahkan perbaikan jalan tembus tersebut masih belum rampung. Namun diperkirakan pengerjaannya dapat selesai pada pekan ini. Sehingga pada awal September mendatang, jalan tembus sudah dapat digunakan. "Masih ada sekitar 10 meter lagi. Mudah-mudahan minggu ini selesai. Sehingga awal September sudah bisa dilakukan penutupan," imbuhnya.

Sebelum dilakukan penutupan akses jalan tersebut, pihaknya akan melakukan uji coba dan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Jalan di samping Kedubes Malaysia ini, recananya hanya akan ditutup sepanjang 100 meter. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan jajaran Polda Metro Jaya dan Dinas Pehubungan DKI Jakarta mengenai penutupan jalan tersebut.

Jalan alternatif yang berada di Belakang Darma Wanita panjangnya mencapai 300 meter. Sedangkan total panjang jalan ini apabila dihubungkan mencapai 700 meter dengan lebar tujuh meter. Dipastikan jalan satu arah yang dapat menembus ke Rasuna Said ini bisa dilalui oleh dua kendaraan roda empat.

Ery mengakui penutupan akses jalan di sisi Selatan, memang tidak sesuai dengan rencana awal. Mengingat banyak kendala yang dihadapi dalam pengeboran di lokasi tersebut, salah satunya terdapat pipa air baku. "Untuk sisi Selatan, agak keluar dari janji. Karena utilitas tidak bisa terduga," ujarnya.

Pada rencana awal pembukaan akses jalan sisi Selatan ini dilakukan pada 21 Juli lalu. Namun hingga saat ini pengerjaan masih berlangsung. Sebelumnya DPU DKI Jakarta, juga melakukan penutupan akses Jalan Sudirman menuju Jalan Satrio. Saat ini, akses jalan tersebut sudah dibuka dan bisa kembali dilalui oleh pengendara. [mvi]

#penutupan jalan
BERITA TERKAIT
Warga Cibinong Antusias Baksos Al Azhar Syifa Budi
Polisi Serahkan Mayat WN Pakistan Terkait Narkoba
Penjelasan Soal Honorer Direndam Dalam Air Keruh
Pemprov DKI Ancam Cabut Izin DWP Jika Melanggar
Gardu Tol Pasar Rebo Rusak Usai Tabrakan Dua Mobil
597 Personel Gabungan TNI-Polisi Siap Amankan DWP
Ditangkap, Pelaku Persekusi Banser Minta Maaf

kembali ke atas