PASAR MODAL

Jumat, 12 Agustus 2011 | 03:28 WIB
(Tommy Yu)

Profit Taking BUMI di Rp2.825-2.875

Ahmad Munjin
Profit Taking BUMI di Rp2.825-2.875
Tommy Yu jsxpro.com

INILAH.COM, Jakarta Trader disarankan bermain cepat (hit and run) pada saham BUMI dan bisa merealisasikan keuntungan di level Rp2.825-2.875. Tapi, bagi investor diwanti-wanti untuk tidak mendekat.

Technical analyst dari Jsxpro.com Tommy Yu mengatakan hal itu kepada INILAH.COM. Tapi, lanjutnya, bisa juga, saham PT Bumi Resources (BUMI.JK) dijual 50% terlebih dahulu sambil melihat kuat atau tidak untuk naik lebih jauh sehingga bisa dijual di level Rp3.125. Atau, hold terus sepenuhnya hingga Rp3.125 tercapai. Ini sangat tergantung pada tipe investornya.

Peluang itu ada jika bursa Eropa dan AS bisa berada di teritori positif. Trader hanya menyimpan saham BUMI 2-3 hari. Investor jangka panjang, sejauh ini direkomendasikan untuk tidak membeli saham BUMI terlebih dahulu karena sangat riskan. Kecuali jika fase down trend-nya terpatahkan, katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Kamis (11/8) saham BUMI ditutup stagnan di level Rp2.700. Harga intraday tertingginya mencapai Rp2.725 dan terendah Rp2.650. Volume transaksi mencapai 129,9 juta unit saham senilai Rp349,8 miliar dan frekuensi 3.888 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah ditutup stagnan di level Rp2.700, bagaimana Anda melihat potensi pergerakan saham BUMI?

Arah pergerakan saham BUMI sejauh ini memang memperlihatkan potensi penguatan terbatas. Sayangnya, tren pergerakan saham sejuta umat ini sudah berubah jadi down trend. Sebab, BUMI.JK memiliki gap di level Rp2.825-2.875. Karena itu, saham ini harus bisa menembus gap tersebut sebelum bisa confirm untuk naik.

Jadi, saat ini, saham ini dalam kondisi yang tidak pasti (uncertain). Sebab, kalaupun naik, akan terkena resistance di level 2.825-2.875. Selama level resistance itu belum bisa ditembus, saham ini akan tetap berada dalam down trend-nya. Akan turun lagi atau sideways. Tapi, jika ditembus, akan men-trigger naik lebih lanjut.

Di level berapa level support-nya?

Level support terdekat saham BUMI Rp2.500 karena kisaran kejatuhannya yang cukup dalam dan resistance di level Rp2.875. Jadi, untuk saat ini, saham BUMI berpeluang bergerak pada kisaran ini atau sideways. Pilihannya adalah jika tidak sideways, adalah turun. Kondisi ini berlaku hingga sepekan ke depan.

Jika tembus resistance Rp3.875, apakah BUMI akan confirm bullish?

Belum. Jika tembus resistance Rp3.875 pun, saham BUMI belum confirm bullish. Sebab, angka itu hanya resistance terdekatnya. Resistance berikutnya yang lebih kuat di level Rp3.125-3.150 dan jika tembus baru akan mematahkan level down trend-nya. Sejauh ini, pergerakan saham BUMI kurang baik. Sebab, pada saat IHSG meroket pun, saham ini tidak mengalami pergerakan yang berarti.

Kalau begitu, bagaimana strategi trading di saham BUMI?

Saya merekomendasikan, bagi yang sudah membeli BUMI di level bawah pada saat kejatuhannya ke level Rp2.425, bisa di-hold. Hal itu bisa dilakukan sambil melihat apakah dalam 2 atau 3 candle ke depan saham ini sanggup menembus level resistance-nya itu atau tidak.

Jika ternyata tidak tembus, lebih baik saham BUMI dilepas terlebih dahulu untuk trader bukan investor. Sebab, ada potensi untuk terus turun. Jadi, bagi pemain cepat bisa hit and run.

Di level berapa, trader bisa merealisasikan keuntungan?

Trader bisa merealisasikan keuntungan di level Rp2.825-2.875. Bisa juga, dijual 50% terlebih dahulu sambil melihat kuat atau tidak untuk naik lebih jauh sehingga selebihnya, bisa dijual di level Rp3.125. Atau, hold terus sepenuhnya hingga Rp3.125 tercapai. Ini sangat tergantung pada tipe investornya. Peluang itu ada jika bursa Eropa dan AS bisa berada di teritori positif. Trader hanya menyimpan saham BUMI 2-3 hari.

Investor jangka panjang bagaimana?

Investor jangka panjang, sejauh ini direkomendasikan untuk tidak membeli saham BUMI terlebih dahulu karena sangat riskan. Kecuali jika fase down trend-nya terpatahkan. [mdr]

#Tommy Yu #bumi #bumi resources
BERITA TERKAIT
Investor Asing Masih Kuasai Mayoritas Saham BUMI
Serangan ke Aramco Kurangi Produksi Minyak Saudi
AS Kaji Kenaikan Tarif hingga 100% ke Eropa
Kesepakatan AS-China Bisa Hijaukan Bursa di 2020
Minyak Mentah Berakhir di Level Tertinggi 2 Bulan
Harga Emas Naik dalam Kehati-hatian
Bursa Saham AS Naik Respon Kesepakatan AS-China

kembali ke atas