NASIONAL

Jumat, 12 Agustus 2011 | 04:05 WIB

Sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat Berlanjut

Palangkaraya Post
Sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat Berlanjut
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM, Pangkalan Bun - Sengketa kursi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), belum menemukan titik terang. Merasa dijerumuskan, DPRD Kobar mengirim surat balasan kepada Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang, terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

Surat DPRD Kobar ke Gubernur Teras Narang itu membuktikan DPRD Kobar tetap enggan melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa dengan agenda pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kobar.

Ketua DPRD Kobar, Subahagio, menegaskan bahwa pihaknya telah menjawab surat Gubernur tentang pelantikan Bupati Ujang Iskandar dan Wakil Bupati Bambang Purwanto. Surat Gubernur Teras bernomor 131.52/164/ADPUM tertanggal 9 Agustus 2011 ini melayang ke Pangkalan Bun setelah dirinya menerima surat keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.62-584 tahun 2011 dan No 132.585 tahun 2011.

Dalam surat balasan tersebut, demikian Subahagio, DPRD Kobar menyampaikan beberapa hal. Di antaranya, bahwa mengacu pada ketentuan pasal 109 ayat (4) Undang-Undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan pasal 99 ayat (2) Peraturan Pemerintah No 6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, pimpinan DPRD Kobar telah mengusulkan pasangan terpilih.

Usulan tersebut tertuang dalam surat nomor 170.172/005.2/422/2010, yakni Sugianto Sabran sebagai Bupati dan Eko Soemarno sebagai Wakil Bupati. Hal ini sesuai dengan Berita Acara KPUD Kobar No 366/BA/VI/2010 tertanggal 11 Juni 2010.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua DPRD Kobar Subahagio dan dua Wakil Ketua M Hasanudin Noor serta Nurhidayah, dengan tegas dinyatakan bahwa mereka mengusulkan pasangan Sugianto-Eko Soemarno sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kobar. DPRD Kobar tak pernah mengusulkan Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto untuk kedua posisi tersebut.[bay]

#ppost
BERITA TERKAIT
Pohon Tumbang Diterjang Angin Puting Beliung
Sasa Tewas Usai Menabrak Truk
Puting Beliung Rusak Rumah Warga, Warung Ambruk
Khofifah Ingin Peran KPK Diperkuat Di Daerah
Pakde Karwo Wantimpres, Ini Kata Gubernur Jatim
Dalami Penerimaan Suap, KPK Periksa Istri Bupati
Ketua KPK Digoyang Kasus Pelanggaran Etik

kembali ke atas