TEKNOLOGI

Senin, 15 Agustus 2011 | 16:31 WIB

Ternyata Burung Juga Bisa Homoseksual

Nilam Permata
Ternyata Burung Juga Bisa Homoseksual
news.bbcimg.co.uk

INILAH.COM, Jakarta - Walau sesama pejantan, burung zebra finch punya hubungan dekat satu sama lain. Perilaku mereka sama intimnya seperti hubungan antara pejantan dengan betina.

Ilmuwan Universitas California Berkeley menemukan fenomena homoseksual pada burung zebra finch.

Seperti dilaporkan di jurnal Behavioural Ecology and Sociobiology via BBC, Julie Elie dari universitas tersebut mengatakan, Hubungan antarhewan bisa jadi lebih rumit, tidak sesederhana pejantan bertemu betina, lalu kawin. Hubungan semacam itu juga ditemukan pada burung."

Awalnya Elie hanya meneliti hubungan dan interaksi sosial antarburung. Tapi ia melihat temuan mengejutkan, pasangan burung sesama jantan berinteraksi seperti layaknya pasangan heteroseksual.

Saat dikurung di kandang yang sama, Dr. Elie melihat keduanya juga memberi salam dengan cara menyundul paruh, seperti perilaku seksual yang dilakukan jantan kepada betina.

Ia juga melakukan percobaan memasukkan betina ke kandang pejantan. Dari delapan pejantan yang saling berpasangan itu, ternyata lima ekor burung benar-benar mengabaikan si betina.

Saat si betina masuk, mereka terus asyik berinteraksi dengan sesama pejantan. Ini menunjukkan bahwa interaksi antarsesama burung zebra finch lebih dari sekadar kebutuhan untuk reproduksi. [mor]

#burung #zebra finch #homoseksual #sesama jenis
BERITA TERKAIT
Tayangan Film HBO kini Hadir di MAXstream
Salip Samsung, OPPO Jadi Raja Ponsel di Indonesia
Ini Dia Motorola Lipat Razr Generasi Baru
Ini Jajaran Produk Piaggio Anyar di EICMA 2019
Strategi Realme di Indonesia Sukses Ungguli Xiaomi
ASUS ZenFone 6 Resmi Hadir di Indonesia, Harganya?
(Terios 7 Wonders) Menikmati Indahnya Alam Pulau Padamarang

kembali ke atas