EKONOMI

Senin, 15 Agustus 2011 | 21:21 WIB
(Pantau Stok Lebaran)

Kementan Duga 14 Titik Penimbunan Beras

Ajat M Fajar
Kementan Duga 14 Titik Penimbunan Beras
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Menjelang perayaan hari Idul Fitri pemerintah melakukan serangkaian pemantauan terhadap ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

Dari pemantauan di lapangan pemerintah mengindikasi adanya 14 titik yang diduga menjadi tempat penimbunan beras. "Dari pemtauan dilapangan, ini ada 14 titik yang menyimpan 4000 sampai 5000 Ton. Ke-14 titik ini kan mereka mitra bulog yang seharusnya menyuplai ke bulog," ujar Menteri Pertanian, Suswono saat ditemui di acara buka puasa, di Kompleks perumahan DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2011).

Menurut Suswono, ke-14 titik ini tersebar di tiga wilayah di pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun Suswono tidak bisa menyimpulkan jika ke-14 titik itu merupakan tempan penimbunan besar.

Lebih lanjut, Suswono mengatakan, atas temuannya tersebut pemerintah telah melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Selanjutnya kepolisian akan menentukan apakah tempat-tempat tersebut merupakan tempat penimbunan beras.

"Kami tentu saja koordinasi, dan memastikan apakah ini meyimpan atau tidak, nanti yang menentukan dia menimbun itu polisi. Untuk selanjutnya ditindaklanjuti," ungkapnya.

Selain ketiga wilayah tersebut, pemerintah masih belum menemukan lagi dimana ada indikasi tempat peyimpanan beras yang tak tersalurkan tersebut. "Untuk diluar Jawa saya masih belum mendapat informasinya," jelasnya.

Meski begitu, pemerintah memastikan jika stok persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran masih tersedia. "Kami pastikan stok untuk lebaran masih bisa terpenuhi semuanya," pungkasnya. [hid]

#pangan #beras #lebaran #Suswono #panen
BERITA TERKAIT
Bom Mapolrestabes Medan, Gojek Siap Bantu Polisi
Masuk Desember, Ujian Pertama Mendag Agus
Bom Mapolrestabes Medan, Gojek Siap Bantu Polisi
Polemik Bali dan Toba, Wishnutama Tolak Dikotomi
Ditawari Kursi Direksi BUMN, Uenak Tenan Jadi Ahok
Selesaikan Soal Lahan, PLN Gandeng Kementerian ATR
Bom Mapolrestabes Medan, Menteri Budi Sentil Gojek

kembali ke atas