NASIONAL

Senin, 15 Agustus 2011 | 23:09 WIB

Brankas Dicungkil Maling, Uang Rp250 Juta Raib

Suriani
Brankas Dicungkil Maling, Uang Rp250 Juta Raib
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Makassar - Uang kas sebanyak Rp250 juta milik Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Jalan Wijaya Kusuma, Jalan Rappocini, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar hilang dicuri orang, Senin (15/8/2011).

Sedianya, uang pendapatan dari pelayanan kesehatan mata masyarakat itu akan diserahkan ke kas negara.

Sayangnya, uang yang ditaruh dalam sebuah brankas di ruang tata usaha di lantai II bangunan tersebut sudah raib entah kemana. Pintu ruangan telah terbuka pertamakali diketahui oleh seorang pegawai kebersihan gedung bernama Anny.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKMM Sulsel, Joko Haksoyo mengatakan hilangnya uang di dalam brankas tersebut pertama kali diketahui oleh Anny, Senin (15/6) sekitar pukul 07.45 Wita.

Saat itu, Anny yang sehari-hari membersihkan di ruangan Tata Usaha di Lantai II membawa kunci untuk membuka ruangan. Akan tetapi, ketika membuka pintu dengan kunci ruangan, pintu sudah terbuka. Ia mengaku kaget, terlebih lagi saat melihat brankas berada di ruang kerja Tata Usaha dalam keadaan terbuka.

Joko menambahkan sebelumnya brankas disimpan di Ruangan Arsip yang masih berada di dekat Ruangan Tata Usaha. " Kejadiannya saya tahu dari Anny. Dia menghubungi saya dan bilang bahwa brankas terbuka di Tata Usaha," Kata Joko.

Mengetahui peristiwa itu, pihaknya lansung menghubungi Kepolisian Sektor Kota Rappocini. Tak berselang lama, petugas tiba dilokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan mengambil sidik jari yang ada di brankas.

Diduga pelaku beraksi saat libur yakni Sabtu-Minggu. Kuat dugaan pelaku juga sudah mengetahui keadaan kantor dan mengetahui letak brankas. Pelaku masuk ke dalam, melalui pintu belakang dengan mencungkil dengan benda tumpul. Diduga seperti linggis. Setelah itu, pelaku masuk ke sejumlah ruangan termasuk ruangan Tata Usaha, dengan menggunakan linggis kecil.

Pelaku kemudian mengangkat brankas di ruang arsip, dan membukanya dengan benda tumpul. Kemudian membawa kabur uang senilai Rp250 juta. Selain ruangan Tata Usaha, pelaku juga masuk ruangan operasional, Mushalla, dan dapur, diketahui dari bekas kakinya.

Kanit Reskrim Polsek Rappocini, AKP Arifuddin mengatakan pelaku sementara ini masih dalam penyelidikan. Ia menambahkan semua baik pegawai, petugas kebersihan dan satuan pengamanan telah diambil sidik jarinya untuk keperluan penyelidikan.(ndr)

#brankas #dibobol maling #250 juta
BERITA TERKAIT
Lapas Klas IIB Mojokerto Disebut 'Overload'
Timah Panas Lumpuhkan 4 Pencuri di Sidoardjo
10 Unit Mobil Ikut Terbakar di Pasar Bendul
Pencuri Bersenjata Bondet Digulung Polisi
Rumah Muntahari di Gresik Ludes Dilalap Api
Polisi Kantongi Identitas 'Koboy' Viral di Kediri
Dua Terduga Teroris Diamankan Di Bandung

kembali ke atas