NASIONAL

Selasa, 16 Agustus 2011 | 00:08 WIB
(Jelang Mudik Lebaran)

PT KAI Terima Pesanan Tiket Kelas Ekonomi

Harian BeritaPagi Palembang
PT KAI Terima Pesanan Tiket Kelas Ekonomi
inilah.com/Ardhy Fernando


INILAH.COM, Palembang- Musim mudik Lebaran Idul Fitri 1432 H/2011 M tahun ini, PT KAI Divisi Regional (Divre) III Sumsel, membuka layanan pemesanan tiket untuk kelas ekonomi, dimulai 17 Agustus mendatang.

Seperti diberitakan Harian Berita Pagi, Kabid Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jarkasih, mengatakan, sedikit berbeda dengan pemesanan tiket kelas bisnis dan eksekutif yang biasanya dilakukan di agen-agen, tiket kelas ekonomi dipesan dengan langsung membelinya ke loket khusus booking tiket ekonomi di stasiun Kertapati.

Loket pemesanan tiket ekonomi ini mulai dibuka tanggal 17 Agustus pada jam tujuh atau delapan pagi, kata dia.(ndr)

Selain itu, tahun ini PT KAI juga akan membatasi kuota gerbong ekonomi maksimal 150 penumpang. Kebijakan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para penumpang yang mudik Lebaran. Kita ingin lebih mengutamakan sosial kemanusiaan, agar penumpang tidak berdesak-desakan, dan juga aman, ujar Jaka.

Untuk tiket bisnis dan eksekutif, sambung dia, sudah sejak dulu dapat dipesan di agen-agen resmi yang ditunjuk PT KAI. Bahkan tiket sudah dapat dipesan H-40 Lebaran. Biasanya jumlah tiket untuk para agen resmi PT KAI ini kita berikan sekitar 50 persen dari jumlah tiket yang ada, atau sekitar satu gerbong memang disiapkan untuk tiket yang pembeliannya dari agen resmi. Tapi, kalau penjualan tiket di agen habis, kita juga masih menjual sekitar 50 persennya di stasiun KA saat hari pemberangkatan, jelas dia.

Membatasi kuota penumpang kelas ekonomi 150 orang tiap gerbong, akan diberlakukan secara ketat. Mengantisipasi adanya penumpang gelap yang berarti penumpang melebihi kuota, Jaka menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan petugas gabungan, salah satunya aparat kepolisian, untuk mengontrol ke seluruh gerbong kereta.

Kalau tiketnya kita batasi 150, ya pasti penumpang yang naik hanya 150, jumlah ini juga sudah dibagi-bagi dengan stasiun antara seperti Prabumulih, Lahat, dan lainnya yang diberikan masing-masing sekitar 20 tiket. Tapi, kita tetap antisipasi dengan melakukan monitoring ke gerbong-gerbong, kata Jaka.

PT KAI mengimbau, agar calon penumpang segera memesan tiket jauh-jauh hari, khususnya tiket ekonomi, agar tidak mengantre lagi pada hari pemberangkatan. Ini juga dapat meminimalisir calo.

#idul fitri #mudik #kereta api
BERITA TERKAIT
Virus Corona, Mahasiswa Unesa di Wuhan Diisolasi
Mahasiswa Unesa di Wuhan China Keluhkan Ini
Gegara ini Yasonna Laoly Kembali Tuai Kritik
Ferry Akan Selesaikan Masalah Kesenjangan di Kotim
3 Hal Perlu Diawasi Soal Omnibus Law
Rencana Hapus Honorer, Hanya Buang Energi
Virus Corona, Wasekjen MUI : Jangan Lalai

kembali ke atas