NASIONAL

Selasa, 16 Agustus 2011 | 01:30 WIB

Dua Tersangka Pembawa Ganja Diciduk Aparat

Harian Haluan Padang
Dua Tersangka Pembawa Ganja Diciduk Aparat
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Lubuk Sikaping- Dua tersangka kasus narkoba asal Simpang Tigo Pasaman Barat, berhasil diciduk Tim Satnarkoba Polres Pasaman, di jalan lintas Padang-Medan, tepatnya di Muaro Cubadak, Rao Padang Mentinggi, Rao.

Diberitakan Harian Haluan Padang, dua tersangka yakni Beni Adila Ayatra (26) dan Iyul (23), kini menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Pasaman.

Kapolres Pasaman AKBP Drs. Gatot Santoso yang diwakili Kasat Narkoba AKP Jasril kepada Haluan Senin (15/8) mengakui, kedua tersangka diciduk pada hari Minggu sekitar pukul 04.00 WIB pagi. Dari kedua tersangka ditemukan 10 paket ganja yang telah dibungkus dengan plastik hitam dan dibalut dengan lakban warna putih. Kemudian satu buah tas sandang warna coklat muda dan satu unit sepeda motor merk Yamaha Vixion warna hitam dengan nomor polisi BA 6665 WV.

Dibekuknya Benny dan Iyul, saat petugas Sat Narkoba melakukan razia rutin di pos polisi Muaro Cubadak. Saat itu petugas melihat satu sepada motor yang dikendarai dua orang laki-laki melintas. Kemudian petugas melakukan penyetopan. Namun pengendara tetap menerobos petugas dan berusaha melarikan diri, dengan cara menambah kecepatan kendaraannya.

Melihat situasi itu, petugas melakukan pengejaran terhadap sepeda motor. Saat berjarak 1 km dari Pos Polisi Muaro Cubadak, penumpang sepeda motor tersebut membuang sesuatu bungkusan ke pinggir jalan. Setelah diperiksa ternyata bungkusan tersebut berisi paket ganja. Petugaspun langsung mengejar tersangka dan berhasil menangkap dan mengamankannya.

Mulanya keduanya tidak mengakui perbuatannya. Saat kami tanya, tersangka berusaha berkilah dan mengaku tidak tahu dengan tas yang dibuang. Setelah didesak akhirnya mereka mengakui, kalau paket itu mereka bawa dari Penyabungan, kata Jasril.

Sementara pasal yang dikenakan adalah pasal 115 ayat (2) Jo Pasal 111 ayat (2) Jo pasal UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke -1 KUH-Pidana.

Belum tertangkap

Saat ditanya perkembangan tiga tersangka yang buron yakni Dapit (21) pengangguran, Kiki (21) sopir angkot dan Alung (23) juga sopir angkut dimana ketiganya beralamat di Inderapura Pessel, Jasril mengakui pihaknya belum bisa menangkap tersangka. Keberadaan mereka belum diketahui, namun identitas tersangka sudah dikantongi.

Kita memang sedikit kesulitan untuk melacak keberadaan tersangka. Tapi sampai saat ini kita tetap upayakan menangkap tersangka karena indentitasnya sudah diketahui, terang Jasril yang dikenal dekat dengan wartawan itu.

Seperti diberitakan Haluan beberapa waktu lalu, satu tersangka narkoba ditangkap, sementara tiga orang lagi berhasil melarikan diri, saat personil Satnarkoba Polres Pasaman melakukan patroli di jalan lintas Padang-Medan tepatnya di Muaro Cubadak, Nagari Padang Mentinggi Rao, Kabupaten Pasaman. Tersangka membawa lima paket ganja kering. Satu tersangka yang berhasil dibekuk yakni Fadil Latul Fajri panggilan Pahil (19), asal Pasir Nan Panjang Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dari kasus-kasus lainnya, pihak sampai saat ini terus intensif meningkatkan razia di sejumlah tempat yang dianggap rawan dari peredaran narkoba. (ndr)

#ganja #diciduk
BERITA TERKAIT
Komisi III Minta Polda Jatim Tak Arogan
Menkumham Tandatangani Perjanjian MLA RI-Rusia
Hukuman Mati Koruptor, KPK: Jangan Retorika
Gempa M 6.9 Guncang Melonguane Sulut
Pria Paruh Baya Ditemukan Pingsan Diatas Pohon
Kasus Lamborghini Diambil Alih Polda Jatim
(Diduga Chat WA Istri Gubernur Sumbar) Chat Istri Gubernur Tembak Mati, Andre: Santuy Aja

kembali ke atas