NASIONAL

Kamis, 18 Agustus 2011 | 03:09 WIB

2.400 Personel Siap Amankan Pemudik di Sumsel

Harian BeritaPagi Palembang
2.400 Personel Siap Amankan Pemudik di Sumsel
inilah.com

INILAH.COM, Palembang - Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel menyiapkan 2.400 personel untuk pengamanan selama arus mudik dan arus balik lebaran. Personel ini bertugas mengamankan dan mencegah berbagai kejadian tidak diinginkan selama Lebaran.

Menurut Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansur, usai menghadiri acara mendengarkan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di gedug DPRD Sumsel, Selasa (16/8), masing-masing personel akan ditempatkan di lokasi strategis yang menjadi konsentrasi massa.

Dikdik mengatakan, keamanan semua jalur mudik ataupun sentra-sentra konsentrasi massa sudah dipetakan, dan sudah dipantau sejak beberapa hari terakhir. "Hari Kamis ini, kita akan menggelar pasukan pengamanan Lebaran," kata Dikdik.

Sejumlah jalur mudik yang akan menjadi konsentrasi keamanan meliputi beberapa titik di jalur lintas Sumatera, jalur tengah Sumatera, dan tempat-tempat kerumunan massa seperti pusat perbelanjaan, pusat peribadatan, dan pusat konsentrasi orang mudik atau balik, seperti terminal, stasiun, dan bandara.

Semuanya sudah kami inventarisir, baik pasar-pasar, tempat ibadah, jalan raya, dan tempat umum yang ramai lainnya," tegas Kapoda.

Dikdik mengakui, sejauh ini berbagai persiapan sudah dilakukan pihaknya. Namun hal ini dilakukan bukan berarti tidak mau under estimate akan terjadi tindakan kriminalitas. Persiapan ini dilakukan merupakan prosedur keamanan, yang memang harus dilakukan sejak tahun-tahun lalu. [mor]

BERITA TERKAIT
KPK Panggil Politikus PAN Soal Suap Pesawat Garuda
Perlu Pemahaman Menyoal Radikalisme-Deradikalisme
Enam Teroris Jaringan JAD Ditangkap di Cirebon
KPK Panggil Cak Imin Terkait Suap Proyek PUPR
Daripada Ahok Mendingan AHY Atau Sandiaga
Fahri Saran Anak Cucu Bung Karno Sedikit ke Tengah
('Tiga Periode-kan' Jokowi) Ratusan OKP Nasional Dukung Suhendra

kembali ke atas