TEKNOLOGI

Minggu, 21 Agustus 2011 | 13:05 WIB

Pengurai Limbah Sekaligus Penghasil Listrik

Nilam Permata
Pengurai Limbah Sekaligus Penghasil Listrik
cdn.physorg.com

INILAH.COM, Jakarta - Siapa menyangka, ternyata air limbah bisa diubah jadi air bersih, dan prosesnya menciptakan listrik.

Dipublikasikan di Physorg, Yanbiao Liu dari Shanghai Jiao Tong University mengatakan, air kotor limbah biologis atau rumah tangga, adalah memang sumber polusi, tapi ternyata bahan itu juga bisa bermanfaat sebagai sumber energi.

Liu menciptakan alat yang bisa membersihkan air kotor dan prosesnya menghasilkan listrik. Energi yang mereka gunakan adalah cahaya sinar ultra violet dari matahari. Dengan menggunakan titanium dioksida, ternyata air kotor dapat menghasilkan energi sel foto katalis. Energi itu dapat mengurai air kotor dan menghasilkan elektron yang melalui katoda, diubah jadi listrik.

Sel bahan bakar yang diciptakan dari proses itu bahkan dapat memisahkan bau dari air limbah. Bau yang bisa dipisahkan misalnya aroma parfum, pewarna, zat kimia, dan obat-obatan yang biasanya terlarut dalam urin. Jadi, selain menghasilkan listrik, metode ini juga menghasilkan air bersih.

#air limbah #limbah #air kotor #energi #listrik #air be
BERITA TERKAIT
(Review Produk) Samsung Galaxy A30s: Daya Pikat Kamera dan NFC
(Perangi Kejahatan Finansial) Cloudera Berdayakan Bank di Asia Pasifik
OpenSignal: Pengguna di Desa Belum Tersentuh 4G
Tayangan Film HBO Kini Hadir di MAXstream
Salip Samsung, OPPO Jadi Raja Ponsel di Indonesia
Ini Dia Motorola Lipat Razr Generasi Baru
Ini Jajaran Produk Piaggio Anyar di EICMA 2019

kembali ke atas