EKONOMI

Minggu, 21 Agustus 2011 | 17:02 WIB
(Persiapan Arus Mudik Lebaran)

ASDP Imbau Penumpang Hindari Pulang Malam

Agustina Melani
ASDP Imbau Penumpang Hindari Pulang Malam
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta PT ASDP Indonesia menghimbau agar penumpang menghindari pulang mudik pada malam hari. Hal ini untuk mengurangi penumpukan penumpang di tengah malam.

Biasanya calon pemudik memilih pulang malam hari. Kita menghimbau agar penumpang menghindari pulang mudik malam hari, dan jangan menumpuk di tengah malam. Kita juga menyiapkan data diri untuk manifest yang disediakan di bus, dan kita beroperasi 24 jam, ujar Direktur Utama PT ASDP Indonesia Danang Baskoro, Minggu (21/8).

PT ASDP Indonesia pun menyiapkan 40 kapal untuk untuk mengantisipasi libur lebaran. Dengan 40 kapal ini diharapkan tidak ada penumpukan jumlah penumpang. Selain itu, ada tambahan lima dermaga yang akan digunakan untuk antisipasi kepadatan masa mudik dan arus balik lebaran.

Sekarang H-10 sudah mulai ada peningkatan, dan kita sudah ada langkah antisipasi dari 28 kapal pada tahun lalu menjadi 40 kapal pada 2011. 40 kapal tersebut terdiri dari 10 kapal murni oleh ASDP yang dibantu PELNI dan TNI Angkatan Laut sedangkan 30 dari swasta, kita berharap pelayanan di pelabuhan nanti dipercepat dan diperluas, manifest, harus isi identitasnya dan semua terpantau, ujar Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar.

Danang menuturkan, peningkatan kapasitas pelabuhan menjadi 21% saat peak season. Apalagi apabila tunjangan hari raya (THR) sudah dibagikan maka kapasitas akan bertambah. Pelabuhan pun menjadi pelabuhan terpadat di dunia dalam waktu 6 jam. Peak season itu Jumat malam, dan ketika THR itu dibagi maka orang-orang akan buru-buru pergi dari Jawa ke Kalimantan. Bahkan dalam enam jam saja penumpang bisa mencapai 120 ribu orang, kendaraan roda dua mencapai 10 ribu, dan kendaraan lainnya mencapai 20 ribu, dan kita harus menyediakan armada untuk menyeberangkan saat peak season, kata Danang.

#Dirut ASDP Danang Baskoro #arus mudik lebaran
BERITA TERKAIT
Kembali Sinergi Bea Cukai-Polri Sita Rokok Ilegal
Bea Cukai dan KKP Sukseskan Ekspor Raya Perikanan
Eksportir Pertanian Jateng Apresiasi Bea Cukai
Amankan Penerimaan Negara, Bea Cukai Sita Rokok
Erick Sebut Ahok Dipastikan Jadi Komut Pertamina
14 Desa di Kudus Belum Cairkan Dana Desa
Tunggak Pajak di Depok, Siap-siap Dapat Ini...

kembali ke atas