METROPOLITAN

Minggu, 21 Agustus 2011 | 17:24 WIB

Oknum TNI Terlibat Pembobolan Mesin ATM

Oknum TNI Terlibat Pembobolan Mesin ATM
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta Aksi pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) di Bank Muamalat KCP Cikeas, Jalan Alternatif Cibubur, Rukan Trans Yogi, Nomor 11, Cilengsi, Bogor, Jawa Barat, ternyata melibatkan oknum TNI AL.

Polres Jakut berhasil menangkap Mulyono (33), Nanang (39), dan Padil Karawita (43), komplotan spesialis pembobol mesin ATM, yang beraksi diwilayah Cikeas, Bogor itu pada Minggu (21/8/2011) pagi.
Ketiganya, ditangkap di Plumpang Jalan Mangga RT 7/12, Koja, Jakarta Utara. Barang bukti mobil Toyota Avanza hitam B 1915 UKF dan Suzuki APV warna krem F 1081 BM, yang dijadikan alat kejahatan disita.

Menurut keterangan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Irwan Anwar, pelaku ada sembilan orang. Tiga di antaranya berhasil ditangkap, setelah terjadi baku tembak dengan komplotan pembobol mesin ATM saat dilakukan penggerebekan. "Salah satu pelaku, Nanang, tertembak bahu kirinya," jelas Irwan Anwar, Minggu (21/8/2011).

Isi mesin ATM, dikatakan Irwan senilai Rp 152 juta, yang belum sempat dikuras komplotan tersebut. Salah seorang pelaku adalah anggota TNI AL berpangkat Kopda Mulyono, sekaligus pemilik rumah yang digerebek, dan akan diserahkan ke polisi militer TNI AL (POMAL).

Komplotan yang diketuai Y itu sudah beraksi di Tangerang, Alfamart, Tangerang, Depok, dan Duren Sawit. "Saat dilakukan penggerebekan pelaku menggunakan senpi. Pelaku berinsial Y yang berhasil kabur, bersama lima temannya," jelasnya.

Modus operandinya, menurut Irwan, komplotan pembobol ATM dengan membawa mesin las, dan gerinda besi yang digunakan untuk memotong baut tanam mesin ATM. Selanjutnya, pelaku menaikkan mesin ATM ke dalam mobil APV. Dari berbagai laporan di wilayah DKI Jakarta Utara, melalui CCTV dua pelaku Y dan S merupakan residivis dengan kasus yang sama.

"Nanang pernah melakukan aksi pembobolan di Pondok Kelapa BNI dengan kerugian Rp 192 juta," ujarnya. [Antara]

#rampok #perampok #perampokan #atm #robusta
BERITA TERKAIT
BPRD Tagih Pajak ke Rumah Para Penunggak
(Operasi Zebra Jaya) Polisi Amankan 800 Kendaraan Bermasalah Pajak
BPN Kota Depok Tertibkan Warga Berdalih Verponding
Anies Temui Pembalab Formula E Asal Belgia
Banyak Nama Cawagub, Anies: Harus Bisa Kerja Sama
Prakiraan Cuaca Ibu Kota Hari Ini
Lagi, Prostitusi Berkedok Karaoke Ditutup Anies

kembali ke atas