TEKNOLOGI

Selasa, 30 Agustus 2011 | 01:22 WIB

Gawat! Tiap Tahun, Lubang Ozon Makin Banyak

Billy A. Banggawan
Gawat! Tiap Tahun, Lubang Ozon Makin Banyak
article.wn.com

INILAH.COM, Jakarta Badan PBB melaporkan adanya penipisan lapisan ozon Antartika Bumi tahun ini. Selain itu, penipisan keseluruhan untuk setahun cenderung rata.

Meski begitu, World Meteorological Organization (WMO) PBB mengatakan, masih terlalu dini membuat pernyataan semacam ini pada perkiraan penipisan laposan ozon yang berperan sebagai perisai pelindung kehidupan di Bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya.

Lubang ozon Atlantik ini merupakan fenomena tahunan yang terjadi selama musim dingin atau musim gugur. Fenomena ini disebabkan suhu yang sangat rendah pda stratosfer dan keberadaan zat-zat yang mampu menipiskan ozon.

Sementara perkembangan internasional dalam pemangkasan produksi dan konsumsi bahan kimia penipis ozon terus dilakukan, butuh beberapa dekade untuk mengembalikan konsentrasi atmosfer seperti pada tingkat di 1980.

Pada pertengahan Agustus seperti ditulis UPI, area lubang ozon yang ada termasuk normal disbanding beberapa tahun terakhir, lebih besar dari 2008 dan 2010 namun lebih kecil dari 2009. [mor]

#ozon #lubang #atmosfer #stratosfer
BERITA TERKAIT
(Terios 7 Wonders) Menikmati Indahnya Alam Pulau Padamarang
(Ciptakan Pengalaman 'Nonton Bioskop') Polytron Luncurkan Dua LED TV Baru 55 Inci
Cloud Lintasarta Jadi Terbaik di Asia Pasific
(Jelajahi Indonesia) Toyota Aplikasikan Semangat Genchi Genbutsu
(Balapan ITCR Max dan JSTC) Pembalap Toyota Sapu Bersih Podium Tertinggi
Gaet Softbank, JavaMifi Fokus Pikat Turis Jepang
Dua Laptop ASUS ZenBook Anyar Sasar Milenial Aktif

kembali ke atas