EKONOMI

Senin, 29 Agustus 2011 | 11:36 WIB

Bos Ekonomi Dunia Khawatirkan Kelumpuhan Kebijakan

Charles MS
Bos Ekonomi Dunia Khawatirkan Kelumpuhan Kebijakan
Stanley Fischer guardian.co.uk

INILAH.COM, Jackson Hole - Kepala Federal Reserve AS, IMF dan OECD meningkatkan tekanan terhadap para pemimpin politik di kedua sisi Atlantik untuk melepaskan inersia mereka dan tekanan masalah ekonomi.

Jika politisi mengabaikan tuntutan mereka - termasuk panggilan Kepala Dana Moneter Internasional Lagarde Christine untuk bertindak sekarang - memperlambat pertumbuhan dunia dan gejolak utang Eropa yang bisa berubah menjadi krisis yang lebih dalam, para pejabat moneter dunia dan ekonom memperingatkan dalan pertemuan retret tahunan di Jackson Hole, Wyoming. "Saya berharap mereka mendengarkan," kata Gubernur Bank Israel Stanley Fischer mengutip Reuters.

Alarm atas kebuntuan politik yang jelas adalah sebagai latar belakang untuk pertemuan tahunan para pembuat kebijakan di Wyoming. "Hak pemerintahan saat ini tidak akan sangat brilian, saya harus mengatakan, baik di Eropa dan Amerika Serikat," tandas Angel Gurria, yang menjadi ketua Organisasi dunia untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, kepada Reuters.

Di Amerika Serikat, kebuntuan politik telah menggagalkan untuk menjinakkan defisit anggaran besar yang membawa negara itu menuju default utang dan turunnya rating kredit Amerika Serikat dari peringkat AAA yang didambakan selama ini oleh Standard & Poor's. Di Eropa, para pemimpin berdedat soal siapa yang harus membayar krisis utang di negara-negara zona euro, yang memiliki sebuah rezim terpadu untuk kebijakan moneter tetapi negara-negara anggota menjalankan kebijakan anggaran mereka sendiri.

BERITA TERKAIT
Puluhan Pembangkit PLN Akan Dikonversi ke Gas
PLN Tambah Pasokan Listrik dari Pembangkit EBT
Luhut Ingin 'Perampok' Jiwasraya Dimiskinkan
Bank BJB Kembali Serahkan Bantuan Kemanusiaan
PLN: Akses Listrik Meningkatkan Ekonomi Daerah
Kopi Indonesia Terbaik di Dunia
Direksi BUMN yang Rugi Tak Boleh Naik Kelas Bisnis

kembali ke atas