TEKNOLOGI

Senin, 29 Agustus 2011 | 12:21 WIB

Berapa Jumlah Spesies Penghuni Bumi?

Nilam P.
Berapa Jumlah Spesies Penghuni Bumi?
thehindu.com

INILAH.COM, Jakarta - Ada berapa jumlah spesies hewan dan tumbuhan yang menempati planet bumi? Riset terbaru memperkirakan jumlahnya.

Selain manusia, umumnya kita mendeskripsikan makhluk penghuni bumi sebagai sebatas 'hewan, dan tumbuhan'. Namun keduanya tentu terdiri atas banyak spesies. Lalu ada berapa banyak spesies penghuni bumi?

Sistem taksonomi Carl Linnaeus yang terkenal tahun 1700-an, memperkenalkan 1,25 juta spesies. Dan sekarang, diberitakan Journal, ada 8,7 juta spesies yang ada di bumi saat ini, dan dari jumlah itu hanya sejumlah kecil saja yang berhasil diteliti.

Perhitungan yang dilansir jurnal biologi PLoS ini diklaim sebagai perhitungan paling mendekati akurat. Angka 8,7 juta ini diperoleh dari perhitungan dan analisis matematis dari spesies yang ada sekarang.

Peneliti Camilo Mora dari Universitas Hawaii, mengatakan, "Banyak spesies yang terlanjur punah, padahal kita belum sempat mengidentifikasinya, dan menyadari fungsinya terhadap keberadaan ekosistem dan kehidupan manusia.

Jika dirinci, 8,7 juta yang dimaksud terdiri atas 7,77 juta spesies hewan, yang 953.434 di antaranya telah ditemukan dan dicatat. Sedangkan spesies tumbuhan ada 298.000, dengan angka 215.644 spesies yang sudah diidentifikasi. Selain itu ada juga 611.000 spesies jamur yang baru tercatat sebanyak 43.271 spesies. [mor]

BERITA TERKAIT
Inilah Spesifikasi Hyundai IONIQ Electric
Grab Target 500 Taksi Listrik Beroperasi Tahun Ini
Grab dan Hyundai Luncurkan Armada Taksi Listrik
DANA Resmi Jadi Pembayaran di App Store
HOOQ Berikan Akses Gratis ke Pengguna IM3 Ooredoo
Bugatti Masih Belum Mau Ikut Tren Mobil Listrik
Google Bikin 'AirDrop' Versi Android

kembali ke atas