NASIONAL

Senin, 29 Agustus 2011 | 22:05 WIB

Muhammadiyah Tetap Rayakan Lebaran Selasa

Wahyu Praditya Purnomo
Muhammadiyah Tetap Rayakan Lebaran Selasa
hileud.com

INILAH.COM, Jakarta - Keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada tanggal 31 Agustus 2011, tidak mempengaruhi keputusan Muhammadiyah untuk merayakan Idul Fitri pada hari Selasa (30/8/2011).

Menurut Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fatah, Muhamadiyah menghormati hasil Istbat yang dilakukan oleh pemerintah dan akhirnya menentukan bahwa 1 Syawal 1432 H, jatuh pada hari Rabu (31/8/2011). Ia pun meminta pemerintah menghormati kebijakan Muhamadiyah yang akan menjalankan Idul Fitri pada Selasa (30/8/2011) besok.

Apapun keputusannya, kita hargai itu, tapi kita tetap melakukan Idul Fitri pada besok Selasa (30/8/2011), ucap Ketua PP Muhammadiyah, Abdul Fatah Wibisono, usai menghadiri sidang istbat di Kementerian Agama, Senin (29/8/2011).

Muhammadiyah menganggap perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah dengan pemerintah, sebagai subtansi ukhuwah Islamiyah untuk mengedepankan rasa saling mengasihi, dan saling menghormati yang perlu dilakukan antara warga yang merayakan Lebaran atau tidak pada Selasa besok.

Selain itu mengacu pada UU 45, pasal 29 ayat 2 di mana Pemerintah melindungi dan memfasilitasi warga untuk beribadah, Muhammadiyah meminta pemerintah melindungi warganya yang merayakan Idul Fitri besok.

Dari sini kita meminta pemerintah untuk melindungi warga Muhammadiyah yang menjalankan Lebaran, kata Abdul Fatah.

#idul fitri #lebaran
BERITA TERKAIT
Maling Curi Motor Saat Pemiliknya Sedang Ngaji
Empat Tukang Terjatuh dari Atap, Satu Meninggal
2 Santri di Mojokerto Tewas Tertabrak Truk
Duh, Istri Main Dengan Selingkuhan Di Rumah Suami
Dua Santri Tewas Tertabrak Truk Di Mojokerto
Presiden Akan Berangus Tambang Ilegal Di Ibukota
Presiden Berhentikan Wahyu Setiawan Dari KPU

kembali ke atas