NASIONAL

Senin, 29 Agustus 2011 | 23:35 WIB

Lebaran Diundur, Warga Tetap Pawai Keliling

Lebaran Diundur, Warga Tetap Pawai Keliling
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Riau - Ribuan masyarakat Kota Pekanbaru, Riau tetap melakukan pawai di jalan-jalan utama di pusat kota, meski pemerintah menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada 31 Agustus.

Seorang warga Pekanbaru, Surya Adnan, yang ditememui saat mangkal di simpang Jalan Gajah Mada bersama ribuan pengendara sepeda motor lainnya mengatakan, dirinya terlanjur beranggapan bahwa malam takbiran jatuh pada Senin malam.

"Penetapannya juga sesuai dengan kalender nasional yang menyatakan kalau tanggal 30 dan 31 Agustus adalah Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah," katanya.

Surya mengatakan, mengingat telah ada penetapan kalender tersebut, dirinya bersama ratusan warga yang tinggal di sekitar lingkungan rumahnya pada Komplek Perumahan Bukit Mas Indah, Kecamatan Tengkerang Timur, berbondong mendatangi pusat perayaan malam Idul Fitri, yakni di Jalan Gajah Mada.

Dia mengaku kecewa dengan keputusan yang pemerintah yang menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal jatuh pada 31 Agustus, karena berbeda dengan apa yang ada di kalender. "Kami sedikit kecewa karena keputusan ini melenceng dari yang telah ditetapkan di kalender. Untuk meluapkan kekecewaan, kita tetap melakukan pawai meski belum takbiran," kata dia.

Warga Pekanbaru lainnya, Burhanuddin, mengatakan, untuk menyambut malam takbir, telah disiapkan ratusan kembang api berdaya ledak tinggi yang dibelinya seharga ratusan ribu rupiah per buahnya. "Kita kecewa dengan keputusan penetapan Idul Fitri oleh pemerintah yang terlambat. Untuk meluapkannya, kita tetap meledakkan sebagian kembang api yang telah kita beli," ujarnya.

Sebagian warga pengendara terpantau juga memangkalkan sepeda motor dan mobilnya di beberapa titik yang menjadi pusat keramaian, seperti di simpang Jalan Gajah Mada, Diponegoro, Hangtuah, Rumbai dan Jalan Sam Ratulangi. Dibeberapa titik ini kebanyakan warga yang hendak bermalam takbir melampiaskan kekecewaannya dengan meledakkan petasan serta kembang api.[ant]

#lebaran #hilal #isbat
BERITA TERKAIT
Pungli Rp 20 Juta, Kades Kena OTT
(Pebalap Liar Tabrak Penonton) Polres Sidoarjo Tangkap Joki Herex
5 Ruangan SDN Waung Krembung Ludes Terbakar
Pedri Kasman : Ada yang Lebih Baik Dari Ahok
Anies : PKS Mainkan Peran Penting
(;MajelisSyuro;PKS;Partai Baru;) Majelis Syuro PKS Singgung Buat Partai Baru
(Isu Ahok Bos Pertamina) Pedri Kasman : Jangan Kepentingan Politik

kembali ke atas