PASAR MODAL

Selasa, 30 Agustus 2011 | 12:00 WIB

ArcelorMittal dan Peabody Energy Beli Macarthur

Agustina Melani
ArcelorMittal dan Peabody Energy Beli Macarthur
au.finance

INILAH.COM, Sydney ArcelorMittal dan Peabody Energy Corp setuju membeli Macarthur Coal Ltd setelah mengajukan tawaran menarik senilai US$5,2 miliar.

ArcelorMittal dan Peabody mengangkat tawaran menjadi A$16 per saham dari A$15,50. Saham Macarthur naik sebanyak A$15,94, hal ini menunjukkan investor belum mengharapkan tawaran apapun. Dengan membeli Macarthur, Peabody dan ArcelorMittal akan menjadi pemegang saham terbesar kedua. Demikian seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (30/8).

Dalam pernyataan Macarthur, sejumlah pihak telah melakukan due diligence sejak penawaran awal. Meski penawaran yang bagus sejak awal telah namun tidak ada jaminan. Sebelumnya Anglo American Plc, Teck Resources Ltd dan Yanzhou Coal Mining Co juga tertarik dengan Macarthur.

Kelompok Peabody menawar Macarthur akan menjadi pengambilalihan batu bara terbesar kedua pada tahun ini. Sebelumnya Alpha Natural Resources Inc membeli Massey Energy Co sebesar US$7,1 miliar. Sekitar 50 transaksi batu bara secara global dilakukan dengan nilai gabungan mencapai lebih dari US$20 miliar.

Macarthur dimiliki oleh Grup Citi sebesar 24,6%, ArcelorMittal sebesar 16,07%, dan Posco dari Korea Selatan sebesar 7,02%.

JP Morgan Australia Ltd dan Corrs Chambers Westgarth menjadi konsultan Macarthur. RBC Capital Market dan Stephen Jaques Mallesons menjadi konsultan Macarthur, dan konsultan Peabody antara lain UBS AG, Bank of America Merrill Lynch dan Freehills.

#arcelormittal #peabody beli macarthur
BERITA TERKAIT
IHSG Kurangi Kerugian Jadi Turun 0,7% ke 6.098,95
PT Totalindo Persada Terbitkan 4 Miliar Saham Baru
IHSG Jatuh 1,01% ke 6.080,187 di Sesi I
IHSG Menguji Level Support
AS-China Hanya Negosiasi Terbatas
Harga Minyak Berjangka Berani Naik Tipis
Investor Emas Ragukan Sikap Trump

kembali ke atas