GAYA HIDUP

Senin, 03 Oktober 2011 | 17:30 WIB

Bayi Siti Arrahma Sudah Mulai Minum ASI

Dahlia Krisnamurti
Bayi Siti Arrahma Sudah Mulai Minum ASI
inilah.com/dok

INILAH.COM,Jakarta - Siti Arrahma, bayi asal Riau yang dilahirkan dengan kondisi jantung di luar hingga saat ini kondisinya masih belum stabil. Namun, ada kemajuan yang patut disyukuri yakni bayi tersebut sudah bisa diberi Air Susu Ibu (ASI).

Menurut, tim dokter rumah sakit yang menangani bayi Siti yakni dr. Rudy Firmansyah, SpA, perkembangan ini, diharapkan akan ada pengaruhnya bagi daya tahan tubuh bayi malang yang kini jantungnya sudah bisa dimasukkan rongga dada itu.

"Sabtu pekan lalu, saat ibunya datang sudah bisa memberikan ASI. Alhamdulillah toleransinya cukup baik," ungkap dr Rudy dalam jumpa pers di RSAB Harapan Kita, Senin (3/10).

"ASI diberikan kepada Siti melalui selang karena mulut bayi ini masih terhubung dengan ventilator," lanjut dr Rudy.

Dr Rudy menjelaskan jumlah pemberian ASI-nya pun masih sangat dibatasi, karena dikhawatirkan lambung Siti belum siap mengingat sejak lahir belum sempat disusui.

Untuk tahap awal, dokter membatasi asupan ASI hanya 1 cc tiap 3 jam dan baru akan ditingkatkan jika lambungnya sudah benar-benar toleran atau bisa menerima ASI dengan baik.

Secara umum, dr Rudy menyampaikan bahwa kondisi Siti sejak jantungnya dimasukkan pada 2 operasi terdahulu masih stabil. Tekanan darahnya normal, demikian juga denyut jantungnya meski kelainan pada sekat dan pembuluh jantung belum bisa diperbaiki karena masih harus menunggu usianya 9-12 bulan.

Menurut dr Rudy, yang terpenting saat ini adalah jantung Siti sudah tidak berada di permukaan tubuh sehingga risiko infeksi dapat ditekan sekecil mungkin. Selama ini bayi dengan kelainan seperti ini tidak bisa bertahan lebih dari 1 bulan, sehingga jika Siti mampu bertahan lebih lama maka harapan hidupnya juga akan jauh lebih besar.

Soal biaya pengobatan, dr Rudy mengibaratkan operasi jantung Siti seperti makan di restoran. Biaya baru akan dihitung setelah semuanya beres, namun yang jelas sejauh ini Siti mendapat layanan dan peralatan terbaik.

Siti Arrahmah adalah bayi dari pasangan Khairudin dan Diana yang terlahir dengan kelainan ectopia cordis atau jantung berada di luar tubuh. Bayi ini lahir dengan bantuan dukun beranak, pada 12 September 2011 di Muara Basung, Bengkalis, Riau. [mor]

#siti arrahma #jantung
BERITA TERKAIT
Penyakit Jantung Tinggi Pengaruh dari Gaya Hidup
Belanja Fashion Branded Semakin Mudah & Terjangkau
Kenali Rekes Tarawangsa Saat Launching Pasar Bambu
Coffe Toffe Hadirkan Nuansa Baru Menikmati Kopi
Kolaborasi Unik Desainer Tampilkan Gaya Maleficent
Peluang Besar dari Meningkatnya Pariwisata
Tips Jitu Nikmati Sajian Sate Khas Senayan

kembali ke atas