PASAR MODAL

Selasa, 04 Oktober 2011 | 04:00 WIB

Inilah Saham Pilihan Selasa (4/10)

Wahid Ma'ruf
Inilah Saham Pilihan Selasa (4/10)
inilah.com/dok

INILAH.COM, Jakarta - Bursa saham Indonesia pada perdagangan Selasa (4/10) investor perlu mewaspadai meningkatnya volatilitas di pasar.

Menurut analis saham Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, sebab ini merupakan indikasi dari peluang dari terbentuknya trend bearish untuk beberapa waktu mendatang. "Kami proyeksikan indeks akan menguji support terdekat di 3.220. Sementara resistance di 3.400, katanya kemarin.

IHSG kemarin ditutup anjlok 5,61% ke level 3.349,74. Volume perdagangan mencapai 3,56 miliar saham dengan nilai transaksi sebesar Rp3,57 triliun. Asing terpantau terus keluar dari pasar hingga penutupan perdagangan dengan mencatatkan net foreign sell sebesar Rp531,96 miliar.

Sentimen negatif dari data ekonomi China, kekhawatiran gagal bayar Yunani, serta ancaman perlambatan ekonomi global menjadi pendorong turunnya IHSG dan bursa regional Asia lainnya. Sementara sentimen positif dari pengumuman inflasi September juga gagal mengangkat IHSG.

Untuk jangka pendek, indeks masih akan berada dalam tekanan akibat faktor eksternal. Aliran dana asing keluar juga masih membayangi pergerakan indeks. "Kami melihat kecenderungan indeks akan fluktuatif sepanjang pekan ini," jelasnya.

Demikian juga dengan analis saham AM Capital, Andre Mahardika. Menurutnya IHSG menguji support 3.310 dan support kedua di 3.215 dengan resisten di 3.408. "Secara teknikal IHSG mengalami tekanan jual yang cukup kuat , dengan potensi penurunan menuju support 2," katanya kemarin.

Dari MACD, IHSG masih mengalami koreksi jangka menengah sehingga disarankan wait and see. Dari DMI, IHSG mengkonfirmasi koreksi dengan tekanan jual meningkat signifikan. Namun tekann beli turun tetapi masih wajar. Indikasi ini ada kemungkinan rebound sesaat.

Andre menyarankan untuk mencermati saham yang masih akan terkoreksi dalam jangka menengah. "Adanya tekanan jual yang lebih besar namun masih wajar dan untuk tekanan beli juga masih stabil dan tidak turun signifikan," jelasnya.

Saham yang masuk kategori tersebut seperti saham BUMI dengan rekomendasi beli saat koreksi di 1.720-1.750. Untuk rekomendasi jual di 1.960 dengan stop loss di 1.700.

Saham ANTM dengan rekomendasi beli saat koreksi di 1.380. Untk rekomendasi jual di 1.560 dengan stop loss di 1.360.

#ihsg #dana asing #foreign buy #utang as #utang eropa
BERITA TERKAIT
Harga Minyak Mentah Lanjutkan Pelemahan
Harga Emas Berjangka Turun 1%
Bursa Saham AS Berakhir Naik Tajam
Apa Pertimbangan Investor Saat Ini?
Bursa Saham Asia Bermain Aman
IHSG Bisa Bangkit 0,5% ke 6.158,167
Ini Pemicu Sterling Naik Tajam

kembali ke atas