EKONOMI

Jumat, 07 Oktober 2011 | 14:44 WIB

Menkeu Baru harus Bisa Kerja Sama dengan DPR

Menkeu Baru harus Bisa Kerja Sama dengan DPR
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi berita8.com

INILAH.COM, Jakarta - Calon menkeu yang baru semestinya berasal dari kalangan profesional dan harus pandai melobi parlemen sehingga pembahasan APBN tetap lancar.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi mengharapkan bukan dari partai politik, sehingga diharapkan ia bisa bekerja lebih netral.

"Menkeu harus menguasai masalah moneter dan ekonomi makro serta mempunyai hubungan baik dengan luar negeri," katanya seraya menambahkan kandidat juga perlu berkemampuan lobi, seperti dikutip dari Antara di Jakarta.

Menurut dia, setidaknya selama tiga bulan setiap tahunnya, Menkeu mesti berhadapan dengan DPR hanya untuk membahas RAPBN. "Karenanya, penting bagi seorang Menkeu mengerti sedikit soal politik, sehingga ketika berhadapan dengan DPR tidak susah," ujarnya.

Dengan tugasnya tersebut, ia melanjutkan, Presiden Yudhoyono perlu memilih Menkeu yang mempunyai kemampuan lebih dibanding menteri-menteri lainnya.

Sofyan juga mengatakan bahwa kinerja Agus Martowardojo kurang bisa bekerja sama dengan menteri lain dan DPR. Walaupun dia dinilai menguasai tugasnya. "Seorang Menkeu memang perlu bersikap ketat terhadap anggaran, namun ia mesti fleksibel juga, sehingga penyerapan anggaran bisa lebih baik," ujarnya. [hid]

#menteri bumn #kib II #sby #reshuffle #Gita Wirjawan #I
BERITA TERKAIT
(Dukung Peningkatan Investasi dan Ekspor) Bea Cukai Jateng DIY Terbitkan 30 Fasilitas Fiskal
Bea Cukai Bengkalis Gagalkan Sabu Selundupan 10kg
Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi 2021
10 Destinasi Wisata Ini Manfaatkan Tenaga Surya
(Senior Transport Official Meeting) Inilah Hasil Pertemuan STOM ke-48 di Hanoi
Begini Cara Menteri Teten Hidupkan Smesco
(Best Bank Award 2019) Tahun Depan, Tantangan Perbankan Makin Besar

kembali ke atas