EKONOMI

Jumat, 07 Oktober 2011 | 16:25 WIB

Inilah Kiat Pertamina EP Naikkan Produksi

Tio Sukanto
Inilah Kiat Pertamina EP Naikkan Produksi
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Untuk memacu produksi minyak, PT Pertamina EP akan melakukan presure manitenance terhadap kilang sumur melalui injeksi air.

Dengan adanya injeksi tersebut diperkirakan cadangan minyak akan bertambahh menjadi 1% dari yang diproduksi saat ini. Demikian disampaikan Ahli Teknik Reservoir Petroleum Enginering Field Tambun, Catherine Febriana saat ditemui di Field Tambun, Bekasi Provinsi" Jawa Barat, Jum'at (7/10).

"Injeksi air kita harapkan capai 29.000 barel air per hari, sedangkan produksi air kita saat ini masih sekitar 8.000 barel air per hari. Itu masih terlalu sedikit karenanya kita akan mix dengan air laut," ujar dia.

Dia menjelaskan, dengan air laut tersebut akan diambil dari muara tawar. Menurutnya, air yang diinjeksikan sebelumnya akan melalui serangkaian proses hingga akhirnya kompatibel dengan reservoar melalui parameter-parameter tertentu. "Dengan penginjekian ini, diharapkan dapat menambah 1% dari total cadangan recovery factor yang bisa diproduksi," katanya.

Produksi minyak anak usaha Pertamina itu mengalami penurunan produksi dari target sebesar 11.000 barel oil per day (BPOD) saat ini hanya 7.000 BPOD. Penurunan itu dikarenakan faktor sumur yang sudah tua dan faktor teknis dan non teknis lainnya seperti pencurian dan uplane shutdown. [hid]

#pertamina #sumur tua #perrtamina ep #eksplorasi dan
BERITA TERKAIT
Jangan Ada Antrian Solar Subsidi di Merauke
Siasat Pertamina Atasi Antri Solar Subsidi di Biak
Pertamina Jamin Pasokan Biosolar di Priangan Aman
Siapa Bilang Kalimantan Kekurangan BBM dan LPG?
Dilarang Galau, Pertamina Jamin Stok BBM Aman
Kupas Tren Energi Dunia, Pertamina Gelar PEF 2019
Kerja Cepat Pertamina di Proyek Jambaran-TiungBiru

kembali ke atas