METROPOLITAN

Jumat, 07 Oktober 2011 | 19:15 WIB

DKI Libatkan Swasta Atasi Sampah

Wahyu Praditya Purnomo
DKI Libatkan Swasta Atasi Sampah
inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengandeng pihak swasta, melalui program swastanisasi kebersihan.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna, mengatakan ke depan penanganan sampah secara swakelola akan dikurangi, dengan menambah swastanisasi kebersihan. "Pengurangan swakelola penanganan sampah dikarenakan dari 840 kendaraan angkutan sampah milik DKI, sudah ada 40 persen sudah tidak laik jalan dan akan dihapus dari inventarisasi aset daerah," ungkapnya di Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Tak hanya itu, menurut Eko, keterbatasan personel juga dihadapi Dinas Kebersihan, karena akan ada 50 persen PNS Dinas Kebersihan pensiun pada akhir tahun 2014. "Atas pertimbangan efisiensi anggaran maka biaya investasi, operasional, dan pemeliharaan kendaraan angkut sampah secara swakelola kami kurangi porsinya," ungkapnya.

Da juga mengatakan, anggaran pengadaan angkutan sampah baru secara masif, juga menjadi alasan pemerintah melakukan kerjasama transportasi sampah dengan pihak melalui sistem outsourcing. "Dinas akan meningkatkan outsourcing pengangkutan sampah. Kedepan, peran Dinas Kebersihan hanya sebagai regulator, kata Eko, Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Berdasarkan data Dinas Kebersihan, pelibatan pihak swasta dalam penyediaan jasa pelayanan kebersihan di 27 Kelurahan yang tersebar di lima wilayah kota dengan total volume sampah .1512,32 ton/hari atau 29,97 persen dari total pengelolaan sampah Jakarta. Sementara, pihak ketiga yang bekerjasama dengan Dinas Kebersihan untuk menyediakan Jasa Pelayanan Angkutan sampah sebanyak 1742,68 ton/hari atau 34,53 persen dari total pengelolaan sampah Jakarta. [mvi]

#jakarta #sampah
BERITA TERKAIT
Cabut Adipura! Pemkot Depok Abai dengan Kebersihan
Bus Rombongan Posyandu Depok Terguling, 8 Tewas
Ombudsman: Ada 'Korupsi' di Proyek Alun-Alun Depok
Anies Buka Bulan Bulan K3
Jalan Berlubang di Ibukota Mulai Diperbaiki
Siang Ini Jaktim Dilanda Hujan Disertai Petir
30 Ribu E-KTP Belum Tercetak di Jakarta

kembali ke atas