METROPOLITAN

Senin, 17 Oktober 2011 | 17:38 WIB

SEA Games Digelar, Sekolah Libur Lima Hari

Wahyu Praditya Purnomo
SEA Games Digelar, Sekolah Libur Lima Hari

INILAH.COM, Jakarta - Untuk mendukung pelaksanaan SEA Games ke-26 di Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan meliburkan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah-sekolah selama lima hari.

Sekolah yang diliburkan adalah sekolah ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK) pada 14-18 November 2011. Sedangkan tingkat Sekolah Dasar (SD) saat ini masih dalam pembahasan akan diliburkan atau tidak.

"Masa libur selama lima hari masih dapat diterima, karena masih masuk dalam batas toleransi kegiatan pendidikan sesuai kalender pendidikan efektif. Batas maksimal kegiatan pendidikan dalam Kalender Pendidikan selama 251 hari, sedangkan batas minimal kegiatan pendidikan antara 240-245 hari dalam setahun," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, Senin (17/10/2011).

Dijelaskannya jika proses belajar mengajar diliburkan selama lima hari, tidak akan mengganggu kegiatan pendidikan efektif selama satu tahun karena masih diatas batas minimal. "Sekolah diliburkan, karena sebagai tuan rumah kami juga ingin memberikan kontribusi terhadap kelancaran acara SEA Games, ujarnya.

Namun demikian Taufik menegaskan tidak seluruh siswa akan diliburkan, namun hanya siswa kelas 1 dan kelas 2 SMP dan SMA/SMK saja yang libur. Sedangkan siswa kelas 3 SMP dan SMA/SMK tidak diliburkan karena kegiatan belajarnya tidak boleh berhenti. Setelah kami kaji, maka siswa kelas 3 baik di SMP maupun di SMA dan SMK tidak kami liburkan. Karena waktu lima hari tersebut bisa digunakan untuk mempersiapkan mereka menghadapi materi UN pada tahun 2012, ujarnya.

Sedangkan, untuk siswa SD, dia menyatakan masih dalam pembahasan diliburkan atau tidaknya, sebab pada umumnya lokasi sekolah tingkat SD berada di lingkungan sekitar rumah pelajar. Sehingga dinilai tidak terlalu mengganggu lalu lintas di Jakarta.

Menurut Taufik, libur lima hari tersebut tidak menggeser waktu liburan yang akan datang, seperti libur akhir tahun atau libur semester. Untuk mengejar ketertinggalan pelajaran, Dinas Pendidikan DKI meminta sekolah-sekolah memberikan tambahan pelajaran. Tidak hanya itu, selama libur, para siswa juga tetap diberi tugas rumah terkait penyelenggaraan SEA Games.[bay]

#pemprov #dki jakarta
BERITA TERKAIT
Ombudsman: Ada 'Korupsi' di Proyek Alun-Alun Depok
Anies Buka Bulan Bulan K3
Jalan Berlubang di Ibukota Mulai Diperbaiki
Siang Ini Jaktim Dilanda Hujan Disertai Petir
30 Ribu E-KTP Belum Tercetak di Jakarta
Siang Ini Jaksel-Jaktim Hujan Disertai Petir
(Minta Maaf) Pelapor Bantah Diperas Kasat Reskrim Jaksel

kembali ke atas