EKONOMI

Senin, 17 Oktober 2011 | 19:49 WIB

Empat Bank Komitmen Salurkan FLPP

Sandiyu Nuryono
Empat Bank Komitmen Salurkan FLPP
Suharso Monoarsa inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Empat sepakat menyalurkan dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang difasilitasi Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Keempat bank tersebut adalah Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank BPD Jateng dan Bank BRI Syariah. Penandatangan kesepakatan (MoU) antara Kemenpera dan keempat bank ini dilaksanakan di kantor Kemenpera Jakarta, Senin (17/10). MoU ini dilakukan sebelum Menpera mengundurkan diri dari kabinet.

Menurut Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarsa, sektor pembiayaan properti di Indonesia masih kurang, yakni di bawah 3% rasionya terhadap GDP. "Ini rendah sekali. Makanya, yang kita inginkan adala bagaimana masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta memiliki rumah, jadi FLPP dibayar dalam jangka panjang," tuturnya.

Apabila dibandingkan Singapura, lanjutnya kredit pembiayaan rumah murah (apartmen) memiliki bunga 2,8-3% dengan jangka waktu 30 tahun. "Di Indonesia bunganya masih di atas dua digit, padahal likuiditas perbankan kita berada di atas 8-9,5 persen," jelasnya.

Suharso berharap FLPP bisa menjadi providence fund. "Ancaman NPL bank akan berkurang, risk managemen ditanggung bersama FLPP, sehingga harapan FLPP jadi housing providence fund bisa tercapai," ucapnya. [hid]

#menpera #suharso monoarfa #flpp
BERITA TERKAIT
Nasib Bisnis Vape, Terawan Janji Tampung Aspirasi
Indef: Bos BUMN Harus Steril Parpol & Kasus Hukum
(Swasembada Hortikultura) KPPU: Lanjutkan Wajib Tanam Importir Bawang Putih
Revisi PP 109/2012 Ancam Industri Hasil Tembakau
Panarub Group Berkesan Soal Fasilitas KB Bea Cukai
BC Banyuwangi Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani
PLTU Tanjung Jati B Jadi Tulang Punggung Jawa-Bali

kembali ke atas