OLAHRAGA

Rabu, 26 Oktober 2011 | 08:12 WIB
(Jelang SEA Games XXVI / 2011)

Mau Liput SEA Games, Televisi Harus Bayar

Reza Adi Surya
Mau Liput SEA Games, Televisi Harus Bayar
inilah.com/Nury Sybli

INILAH.COM, Palembang - Televisi yang akan meliput SEA Games VVXI di Palembang dan Jakarta wajib membayar 5.000 dolar AS untuk mendapatkan fasilitas bagi penyiaran (broadcast).

"Kami menyiapkan sekitar 60 slot fasilitas broadcast untuk televisi di area media centre SEA Games, Jakabaring Sport City," kata Muddai.

Menurut dia, setiap media televisi yang membutuhkan fasilitas broadcast tersebut wajib membayar 5.000 dolar AS (Rp 442 juta) per slot.

"Ketentuan tersebut telah ditetapkan InaSOC, sehingga tidak ada fasilitas broadcast yang gratis. Sampai saat ini sebanyak 28 media broadcasting telah mengambil ruangan dan fasilitas yang diperlukan."

Bahkan satu media televisi ada yang mengambil dua slot fasilitas broadcast yang akan digunakan pada SEAG nanti.

"Kebijakan pembiayaan media penyiaran televisi tersebut sesuai dengan standar kegiatan internasional dengan setiap ada event serupa pasti ditetapkan ketentuan tarif. Tidak ada fasilitas yang digratiskan, karena panitia juga harus mengeluarkan beragam biaya, seperti listrik dan air," lanjutnya.

Gedung yang akan menjadi pusat media tersebut, berjarak sekitar 1 kilometer dari Jakabaring Sport City.

Selain menyediakan fasilitas penyiaran televisi yang mesti dibayar 5.000 dolar AS per slot, InaSOC juga tidak memfasilitasi komputer di ruangan media centre.

SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta nanti diperkirakan akan diliput sebanyak 3.000 wartawan media cetak dan elektronik dari Indonesia dan luar negeri.

SEA Games yang berlangsung 11-22 November mendatang itu akan memperebutkan 542 medali emas dalam 44 cabang olahraga.[antara]

#sea games #palembang #jakarta
BERITA TERKAIT
(Hong Kong Terbuka) Ahsan/Hendra ke Babak Kedua, Ihsan Tersisih
(Hong Kong Terbuka) Jonatan Melangkah, Tommy Tumbang
(Hong Kong Terbuka) Anthony dan Marcus/Kevin Lewati Babak Pertama
(Hong Kong Terbuka) Greysia/Apriyani dan Della/Rizki Melaju
(Hong Kong Terbuka) Dinar dan Wahyu/Ade Tersingkir
(Hong Kong Terbuka) Hafiz/Gloria dan Fajar/Rian Melaju
Kalahkan Hornets, Cavaliers Raih Kemenangan Kedua

ke atas