PASAR MODAL

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 13:04 WIB

Akuisisi Google Lampaui Angka 50

Th. Asteria
Akuisisi Google Lampaui Angka 50
IST

INILAH.COM, Jakarta - Google tampaknya sedang berfoya-foya. Dalam laporan ke otoritas bursa, perusahaan mesin pencari ini mengungkapkan telah menghabiskan lebih dari US$ 1,4 miliar untuk melakukan 57 akuisisi dan pembelian aset tak berwujud. Wow!

Aksi korporasi dalam sembilan bulan pertama tahun ini, lebih dari rata-rata enam akuisisi per bulan, atau lebih dari satu setiap pekannya. Angka itu bahkan belum termasuk proposal pembelian Motorola senilai US$12,5 miliar dan AdMeld senilai US$400 juta, yang masih menunggu persetujuan pemerintah.

Dari 57 akuisisi, hanya ITA, Zagat dan Daily Deals yang cukup besar untuk disebutkan. Sedangkan sisanya non material, sehingga Google tidak harus mengungkapkan dalam laporan keuangannya. Bagaimanapun, perusahaan kecil sering menjelaskan apa yang terjadi. Inilah beberapa akuisisi Google yang berhasil dilacak businessinsider.com, sejak awal 2011 hingga kini.

eBook Technologies 12 Januari

Teknologi e-reader ini bisa digunakan dalam Flipboard-killer Google, Propeller.

SayNow 25 Januari

Perusahaan kecil untuk pesan suara ini membuat namanya berdasarkan aplikasi yang memungkinkan selebriti menempatkan pesan suara di jejaring sosial seperti Facebook. Selain memiliki teknologi lain untuk panggilan konferensi dan sebagainya. SayNow dilaporkan terintegrasi dengan tim Google Voice.

fflick 26 Januari

Grup YouTube punya fflick, yakni rekomendasi film berdasarkan teman. TechCrunch melaporkan, untuk akuisisi ini, Google harus merogoh kocek sekitar US$ 10 juta.

Zynamics - 1 Maret

Perusahaan keamanan Zynamics menyediakan alat untuk potongan malware reverse-engineering (seperti virus komputer) untuk mengetahui cara menghentikan mereka. Pembelian diumumkan melalui blog perusahaan itu.

BeatThatQuote.com - 7 Maret

Perusahaan situs perbandingan produk keuangan ini melaporkan harga pembelian sebesar 37,7 juta Poundsterling Inggris, atau US$ 60 juta.

Next New Networks 7 Maret

Tim produksi dan distribusi video web ini menjadi bagian dari YouTube Next, yang fokus untuk mendapatkan konten pencipta, demi membentuk video situs yang lebih asli.

Green Parrot Pictures -15 Maret

YouTube membeli perusahaan alat editing video Irlandia untuk membantu para amatir membuat video dengan kualitas lebih baik ketika akan diposting ke situs.

PushLife - 8 April

Perusahaan penyedia layanan musik bagi perusahaan telepon seluler ini membuat alat-alat yang memungkinkan pengguna iTunes sync libraries dengan ponsel non-Apple. Selain memiliki beberapa teknologi yang dijual kepada perusahaan seluler untuk menjalankan toko musik mereka. Ini mungkin akan digunakan dalam music store Google. Harga dikabarkan sebesar US$ 25 juta.

TalkBin -26 April

TalkBin atau umpan balik pelanggan real-time melalui ponsel, memiliki teknologi yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks ke pemilik bisnis atau perwakilan layanan pelanggan, yang kemudian dapat merespon segera. TalkBin masih memiliki situs web sendiri yang dijalankan oleh Google, dan itu tampaknya bagian dari tim Android.

Sparkbuy -23 Mei

Google membeli perusahaan perbandingan belanja untuk perangkat elektronik ini, kurang dari enam bulan setelah diluncurkan oleh pemiliknya, Dan Shapiro.

PostRank -3 Juni

Perusahaan kecil analisis media sosial asal Kanada ini melacak bagaimana pesan menyebar di jejaring sosial. PostRank mungkin telah berkontribusi terhadap fitur baru Google + yang disebut Ripples, yang memungkinkan pengguna melacak penyebaran posting di layanan ini.

AdMeld -9 Juni (ditunda)

Akuisisi AdMeld, optimasi iklan display, adalah salah satu akuisisi terbesar mencapai US$ 400 juta. Namun, langkah ini masih menunggu persetujuan regulasi.

SageTV - 18 Juni

Perusahaan perangkat lunak manajemen TV ini membangun aplikasi yang memungkinkan mengontrol TV dari beberapa perangkat dan menunjukkan catatan. Usianya sudah mencapai sembilan tahun ketika Google membelinya. Tampaknya SageTV akan diintegrasikan dalam versi masa depan Google TV.

Punchd - 11 Juli

Google membeli startup loyalitas-diskon digital berusia enam bulan ini, yang memungkinkan pengguna mengumpulkan versi digital dari kartu loyalitas. Ini bisa digunakan untuk meningkatkan Google Wallet.

Frid.ge -21 Juli

Perusahaan pesan grup sosial yang terdiri dari empat orang ini adalah bagian dari kelas Y Combinator 2010. Ini akan masuk ke dalam tim Google+. Demikian pemberitahuan dari pendirinya, Austin Chang.

PittPatt -, 24 Juli

Perusahaan pengenalan wajah ini bermula dari proyek Carnegie Mellon University, dan dapat digunakan dalam berbagai tempat, seperti aplikasi YouTube atau mobile.

Dealmap - 1 Agustus

Layanan pemetaan transaksi ini mengumpulkan transaksi harian dari sekelompok penyedia dan menunjukkan pada peta, sehingga dapat dilihat kesepakatan terdekat. Layanan ini memiliki lebih dari 2 juta pengguna, ketika Google membelinya, dan mungkin akan masuk ke layanan penawaran perusahaan.

Motorola -15 Agustus (ditunda)

Ini tadinya adalah Big Kahuna, dan akan dikenakan biaya US$ 12,5 miliar kalau ditutup. Google mengatakan membeli Motorola terutama untuk menawarkan perlindungan paten, demi penjualan kembali Android, tetapi juga bisa menggunakan Motorola untuk langsung menuju telepon dan bisnis hardware TV. Kesepakatan ini diharapkan ditutup akhir tahun ini atau awal 2012.

Zave Network - 2 September

Kupon digital dan program loyalitas Zave sudah berusia enam tahun saat kesepakatan terjadi. Tim ini mungkin akan menjadi bagian dari Google Wallet.

Zagat - 8 September

Panduan restoran ini menjadi akuisisi materi, sehingga Google harus melaporkan harganya, yakni US$ 151 juta secara tunai. Panduan ini akan membantu meningkatkan perdagangan produk lokal perusahaan.

Daily Deals -19 September

Klon Groupon Jerman ini juga cukup besar untuk menjadi materi, sehingga Google harus melaporkan harganya, yakni US$ 114 juta secara tunai.

SocialGrapple -11 Oktober

Meskipun tidak cocok pada tiga kuartal pertama, Google akhirnya membeli perusahaan analisis sosial Twitter ini beberapa pekan lalu. [ast]

#google #akuisisi
BERITA TERKAIT
(Harga Mulai dari Rp1) IndiHome Minipack Kini Hadir di Bukalapak
Laba PT Weha Transportasi Turun Jadi Rp5,4 Miliar
Alibaba akan Listing Sekunder di Bursa Hong Kong?
Bursa Saham AS Bisa Bergerak Lebih Rendah
Bursa Hong Kong Pimpin Pelemahan di Asia
IHSG Berakhir Turun 0,6% ke 6.142,501
Laba PT Resources Alam Naik Jadi US$4,7 Juta

kembali ke atas