TEKNOLOGI

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 15:31 WIB

Pasca Cuaca Ekstrim Internet Jakarta Terganggu?

Billy A. Banggawan
Pasca Cuaca Ekstrim Internet Jakarta Terganggu?
IST

INILAH.COM, Jakarta Beberapa laporan menyebutkan, pasca hujan lebat dan badai di Jakarta, internet mengalami gangguan terutama modem dan ponsel. Benarkah?

Menurut pengamat telematika Ventura Elisawati, gangguan semacam ini bisa terjadi secara sektoral di beberapa tempat tertentu atau secara massal.

Gangguan semacam ini bisa disebabkan berbagai macam faktor hingga membuat jaringan melambat atau bahkan terputus, ujarnya saat diwawancara INILAH.COM via telepon (29/10).

Wanita yang akrab disapa Ventura ini menyebutkan, faktor gangguan bisa berasal dari internal penyedia layanan atau dari alam. Jaringan layanan bisa berasal dari satelit atau kabel yang ditanam di bawah tanah.

Ia mengakui, cuaca ekstrim seperti adanya badai memang bisa mempengaruhi layanan. Tak hanya itu, ia menyebutkan, gangguan bisa juga terjadi akibat kecelakaan karena tak disengaja, misalnya ada kabel yang secara tak sengaja terputus karena galian.

Jaringan dari satelit sangat mungkin terganggu cuaca dan untuk kabel di bawah tanah, kadang faktor seperti adanya galian juga bisa menimbulkan gangguan, paparnya.

Gangguan massal pada jaringan bisa terjadi akibat bencana alam, namun hal ini jarang terjadi.

Misalnya, pada gempa yang dulu terjadi di Yogyakarta, Ventura mengatakan, meski tak sampai terputus, kondisi internet jadi melambat. Selain itu, gangguan massal ini juga bisa terjadi akibat jumlah pengakses yang sangat ramai dan penuh.

Di sisi lain, Division Head Public Relation Indosat Djarot Handoko mengaku jaringannya tak mengalami gangguan dan tak ada laporan terjadi gangguan. Senada, Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira menyatakan, jaringan XL berada dalam kondisi aman. [mor]

#internet #cuaca ekstrim
BERITA TERKAIT
Jovee, Aplikasi Suplemen Kesehatan Berbasis AI
(ASEAN NCAP) Fitur Keamanan Anak Suzuki Ertiga Raih 5 Bintang
Xiaomi Luncurkan Senter yang Bisa Jadi Power Bank
FBI: Perangkat Smart TV Rentas Peretasan
(OPPO Reno 3 Pro) Inilah Smartphone Pertama dengan Snapdragon 765G
Tingkatkan Layanan Pelanggan, TAM Hadirkan mTOYOTA
Sony Pastikan Tak Ada Penerus PS Vita

kembali ke atas