EKONOMI

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 13:01 WIB

Hatta Pembelian Newmont harus Mentaati UU

Tio Sukanto
Hatta Pembelian Newmont harus Mentaati UU
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah menyatakan bahwa proses pembelian saham divestasi Newmont harus sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa usai menghadiri acara Jambore Kewirausahaan Pelajar Nasional II di Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (29/10).

"Saya kira menkeu sudah tentu yang menjadi lead di depan. Tapi kalau pada keinginan kita (pemerintah) untuk mengambil atau membeli saham tersebut maka tetap harus dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Hatta.

Hatta melanjutkan jika didalam perjalanannya masih ada upaya-upaya untuk meminta penjelasan terhadap apa yang disampaikan di BPK, menurutnya masih ada upaya-upaya lain yang bisa ditempuh. Upaya tersebut adalah dengan mengajukan ke Mahkamah Konstitusi.

"Penjelasan kepada Mahkamah Konstitusi itu sesuatu yang sesuai hukum. Tapi apapun keputusannya kita tetap harus patuh kepada hukum," tegas Hatta.

Hatta menambahkan bahwa kalau memang pembelian saham tersebut melanggaran undang-undang sebaiknya tidak usah diteruskan pemerintah.

Pembelian itu dipermasalahkan setelah ada audit BPK yang berpegang pada UU nomor 17 tahun 2003 pasal 24 ayat 7 Tentang Keuangan Negara. Dalam pasal tersebut menjelaskan investasi dilakukan dalam keadaan tertentu untuk menyelamatkan perekonomian negara.

Pemerintah melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membeli saham Newmont senilai US$271,6 juta untuk divestasi saham 7% jatah pemerintah pusat tahun 2010. [hid]

#hatta rajasa #newmont #ptnnt #pemda ntb #audit bpk #Ag
BERITA TERKAIT
Tol Tetangga Ibu Kota Ini Sempat Mangkrak 10 Tahun
Kasus Harley Muncul, Fuad Mujur Plt Dirut Garuda
Bea Cukai Nunukan Canangkan Zona Integritas
Bantu IKM, Bea Cukai Tambah Izin Fasilitas KITE
Kejaksaan - Bea Cukai Aceh Musnahkan Barang Ilegal
Bea Cukai Juanda Amankan Koral dan 1,3Kg Sabu
(Penyelundupan Harley Davidson) Setelah Ari Ashkara, Erick Kejar Oknum Lain

kembali ke atas