METROPOLITAN

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 15:18 WIB

Wah, Ribuan Warga Bogor Nyemplung ke Ciliwung

MA Hailuki
Wah, Ribuan Warga Bogor Nyemplung ke Ciliwung
inilah.com/Dok


INILAH.COM, Bogor - Ribuan warga Bogor beramai-ramai nyemplung ke Sungai Ciliwung sambil membawa karung berisi aneka sampah.

Dengan asyiknya mereka memunguti sampah yang ada di bantaran sungai dan sekitarnya. Mereka ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Mulung Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor III.

Pemandangan yang tidak biasa di Sabtu pagi ketika Ciliwung ramai dipenuhi orang-orang yang menenteng karung. Mereka tampak antusias dan semangat memunguti sampah-sampah yang berserakan di bantaran sungai dan tergenang di sungai.

Terkadang mereka harus berbasah-basahan mengambil sampah yang ada di dasar sungai dan terbelit di bebatuan. Berbagai macam sampah yang kebanyakan sampah plastik dikumpulkan dan dimasukkan ke karung.

Dari hasil Lomba Mulung Ciliwung telah terkumpul 1.710 karung sampah anorganik. Lomba Mulung Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor III merupakan agenda tahunan dari Komunitas Peduli Ciliwung (KPC).

Koordinator Lomba Mulung Ciliwung, Een Irawan Putra mengatakan Ini adalah lomba mulung ketiga yang sudah kami selenggarakan. Setiap tahunnya kami memang selalu mengadakan lomba ini untuk mengajak warga Bogor khususnya warga yang tinggal di dekat Sungai Ciliwung untuk lebih peduli dengan sungainya.

Lomba mulung ini diikuti oleh sebelas kelurahan di Kota Bogor. Mereka memperebutkan Piala Bergilir Ciliwung Bersih dari Walikota Bogor.

Kriteria penilaian dalam lomba adalah jumlah karung yang dikumpulkan, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dan kreativitas warga selama lomba. Dari penilaian tersebut setiap kelurahan mendapatkan poin yang kemudian dijumlah.

Kelurahan yang mendapatkan poin tertinggi yang akan menjadi pemenang. Pemenang akan menjadi tuan rumah dari acara penyerahan hadiah yang akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Oktober 2011. [mah]

#ciliwung #bogor
BERITA TERKAIT
Anies Matangkan LRT Pulogadung-Kebayoran Lama
Warga Cibinong Antusias Baksos Al Azhar Syifa Budi
Polisi Serahkan Mayat WN Pakistan Terkait Narkoba
Penjelasan Soal Honorer Direndam Dalam Air Keruh
Pemprov DKI Ancam Cabut Izin DWP Jika Melanggar
Gardu Tol Pasar Rebo Rusak Usai Tabrakan Dua Mobil
597 Personel Gabungan TNI-Polisi Siap Amankan DWP

kembali ke atas