GAYA HIDUP

Minggu, 30 Oktober 2011 | 15:05 WIB

Ups! Telur 'Jaga' Perempuan dari Kanker?

Dahlia Krisnamurti
Ups! Telur 'Jaga' Perempuan dari Kanker?
Wordpress.com

INILAH.COM,Jakarta - Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Harvard mengatakan bahwatelur ayam bisa melindungi perempuan dari kanker payudara.

Dalam penelitian, ditemukan bukti kuat bahwa perempuan berusia di bawah 30 tahun yang secara teratur mengonsumsi telur ayam hanya memiliki risiko relatif kecil terserang kanker payudara di kemudian hari.

"Kami menyerukan kepada para perempuan di dunia agar menyisipkan telur dalam menu harian," kata Lindsay Frazier salah seorang peneliti, seperti dikutip BBC.com.

Penelitian ini melibatkan 121.707 perempuan di seluruh penjuru Amerika yang berusia di atas 35 tahun. Para peneliti mencatat secara detail kebiasaan makan responden ketika masih muda. Hal yang ditanyakan misalnya, berapa banyak mereka mengonsumsi telur, susu, buah-buahan, sayuran, daging, dan permen setiap hari.

Dari wawancara ini terlihat, perempuan yang ketika berusia 12 hingga 18 tahun banyak makan telur, lemak nabati, dan serat ternyata lebih kecil risiko terkena kanker payudara.

Sebaliknya, anak gadis yang kerap makan mentega, lebih besar risikonya menderita kanker payudara. Para ahli menduga, kandungan asam amino, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam telur melindungi perempuan dari penyakit ganas itu.

Meski demikian, para peneliti ini menyatakan, penelitian ini masih dalam tahap awal. Karenanya, masih diperlukan penelitian lanjutan guna mengumpulkan bukti-bukti lebih banyak lagi mengenai khasiat telur untuk mencegah kanker payudara.

#telur #kanker payudara
BERITA TERKAIT
(Wabah Pneumoni Wuhan, Tiongkok) Tidak Ada Travel Ban ke Wuhan dari Indonesia
Waspada Antraks Menyebar di Gunung Kidul
(Pilih Perawatan Kecantikan yang Tepat) Ini Perjuangan Kurus Felicya Angelista
Cara Pencegahan Penularan Pneumonia
Tak Boleh Sembarangan Gunakan Vaksin Pneumonia
Waspada Terhadap Pneumonia dari Wuhan
Jangan Panik, Yuk Kenali Pneumonia

kembali ke atas