EKONOMI

Minggu, 30 Oktober 2011 | 17:46 WIB

Bos Bank Sentral Eropa: Krisis Belum Berakhir

Mosi Retnani Fajarwati
Bos Bank Sentral Eropa: Krisis Belum Berakhir
IST

INILAH.COM, Berlin - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet mengatakan, masih terlalu dini untuk menilai krisis Eropa telah berakhir.

Dalam wawancaranya dengan sebuah surat kabar Jerman, Bild Sonntag, ia yakin pemerintah Eropa akan mampu memulihkan stabilitas keuangan.

Trichet mengatakan, kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan para pemimpin Uni Eropa pekan lalu harus direalisasikan secara cepat dan tepat. Ia menamainya dengan "absolutely decisive (penentuan absolut)" yang akan segera diubah menjadi undang-undang.

Ia melanjutkan, ECB akan terus mengamati langkah-langkah reformasi pemerintahan Eropa. "Krisis ini belum berakhir," tuturnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (30/10).

"Namun setelah kesepakatan tercapai pada pekan lalu, saya tetap yakin pemerintah akan mampu memulihkan kondisi stabilitas keuangan,"tutur Trichet yang akan segera mengakhiri masa jabatannta sebagai bos ECB.

Menurutnya, kesepakatan yang dicapai pekan lalu dalam KTT Eropa membutuhkan implementasi yang tepat dan diimbangi oleh waktu yang tepat. "Para pemimpin zona Eropa sudah memiliki program, dan kini pekerjaan yang berat tengah menanti pemerintah dan Komisi Eropa," tuturnya.

#krisis global #utang eropa #defisit #bank sentral er
BERITA TERKAIT
BI: Defisit Neraca Pembayaran Kuartal III Turun
Tekan Defisit, RI Mesti Dorong Investasi Langsung
Jokowi Patok Peringkat 40 Indeks Kemudahan Bisnis
(Ketidakpastian Ekonomi Global) Ekonom Ingatkan Gelombang Transisi Energi Mendekat
Genjot Daya Saing Industri, Airlangga Ingatkan Ini
Biosolar & Pertamax Laris Manis di Trans Sumatera
Dorong Properti, BTN Syariah Buka Cabang Kendari

kembali ke atas